Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Dorong Percepatan Hilirisasi Produk Bioteknologi Kesehatan

 

Peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat merupakan salah satu prioritas dalam pembangunan nasional bidang kesehatan. Ketersediaan obat yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan, tujuan pengobatan dan perkembangan teknologi perlu mendapat perhatian yang serius.

Terkait hal tersebut BPPT melalui Balai Bioteknologi dan Konsorsium Bioteknologi Indonesia (KBI) mengadakan Focus Group Discussion dengan tema Strategi Percepatan Hilirisasi Hasil Riset Produk Bioteknologi Kesehatan di Puspiptek, Serpong (6/12).

 

 

Deputi Bidang TAB BPPT Soni Solistia Wirawan menyambut baik acara tersebut. Diakatakan Soni, salah satu fokus kegiatan BPPT yakni kesehatan dan pangan.

 

Lanjutnya, BPPT juga bermitra dengan lembaga libang dan perguruan tinggi serta industri guna memenuhi kebutuhan nasional. Soni berharap pertemuan ini dapat bermanfaat dan jangan berhenti dan hasilnya bisa langsung diimplementasikan.

 

Di kesempatan yang sama Kepala Balai Bioteknologi BPPT Agung Eru Wibowo menjelaskan, FGD ini membahas bagaimana riset-riset produk bioteknologi dibawa ke arah yang lebih strategis guna bisa masuk ke industri untuk kepentingan nasional serta kemandirian bangsa.

 

Saat ini penyakit degenerative meningkat disebabkan penurunan fungsi tubuh karenanya menurut Agung, kebutuhan obat dengan pendekatan produk biologi mulai banyak, dari segi pasar produk biologi juga meningkat.

 

Agung berharap FGD ini dapat menghasilkan suatu rumusan yang akan kita sampaikan ke pemerintah, kementerian serta ke industri.

 

Sementara, Ketua Konsorsium Bioteknologi Indonesia Siswa Setyahadi mengatakan menurutnya bioteknologi saat ini sudah mulai berkembang akan tetapi pemanfaatannya belum maksimal serta masih banyak kendala yang harus dibenahi agar masuk ke industri.

 

Siswa berharap bisa saling bersinergi dan menghasilkan suatu produk yang memang diperlukan oleh masyarakat.

 

Sebagai informasi FGD juga dihadiri Ira Nurhayati Djarot (Direktur Sistem Riset dan Pengembangan Kementerian Ristekdikti), Raymond R. Tjandrawinata (Executive Director-DLBS and Director of Corporate Development-Dexa Medica), Neni Nurainy, (Project Integration Manager, Divisi R&D PT Biofarma) serta perwakilan BPOM, Kemenkes, universitas, lembaga litbang dan industri yang bergerak di bidang kesehatan. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id