• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT - Lund University Kembangkan Inovasi Teknologi untuk Ekonomi Hijau

Indonesia memiliki potensi sumberdaya hayati yang sangat besar. Biodiversitas Indonesia diklaim terbesar kedua dunia setelah Brazil. Potensi besar ini membutuhkan sentuhan inovasi teknologi agar menjadi kekuatan ekonomi yang sesungguhnya. Melalui berbagai kerjasama internasional, BPPT terus melakukan sejumlah terobosan inovasi dan layanan teknologi untuk memberikan solusi nyata dan terbaik terhadap isu pangan, kesehatan dan industri berkelanjutan (sustainable industry).

 

Memperkuat kontribusi BPPT dalam pembangunan ekonomi nasional, di hari ulang tahunnya yang ke 41, BPPT telah menandatangani dokumen Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding) tentang Science and Technology Partnership for Green Economy Development  dengan Lund University Swedia padal 21 Agustus 2019 di Jakarta. Dalam sambutannya, Kepala BPPT, Hammam Riza menyatakan bahwa Lund University merupakan salah satu perguruan tinggi tertua dan terbaik di dunia serta memiliki banyak pengalaman (best practice) dalam pengembangan ekonomi hijau sehingga diharapkan kerjasama ini dapat menghasilkan SDM unggul dan inovasi teknologi sebagai penghela pertumbuhan ekonomi. Sedangkan Wakil Rektor Lund University Martin Tuner menyampaikan bahwa kerjasama dengan BPPT telah dibangun sejak 2016 dan telah banyak dilakukan kegiatan bersama di bidang sains dan teknologi seperti training di bidang bioteknologi dan technopark yang bermanfaat bagi kedua belah pihak serta akan dikembangkan/diperluas dan ditingkatkan terus melalui kerjasama ini di masa depan.

 

Untuk mempercepat  pelaksanaan kerjasama ini, maka dilakukan pula penandatanganan Perjanjian Pelaksanaan (Implementing Agreement) tentang Joint Research on Strain Improvement for Lipase and 5-Amino Levulinic Acid (ALA) Production sesaat setelah penandatangan MoU tersebut. Sebagai implementasi dari perjanjian pelaksanaan tersebut, telah digelar Joint Symposium BPPT – Lund University : on Innovation of Agroindustrial Industry and Biotechnology for Sustainable Industry pada 22 Agustus 2019 di LAPTIAB, Puspiptek – Serpong. Pada saat membuka acara tersebut, Direktur Pusat Teknologi Bioindustri, Asep Riswoko menjelaskan bahwa ekonomi hijau dibangun melalui pengembangan industri berkelanjutan yang menggunakan teknologi hijau dan mempertimbangkan 3 (tiga) aspek yaitu ekonomi, sosial dan lingkungan.

 

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya BPPT untuk menampilkan perekayasa dan peneliti muda unggul dalam forum internasional sekaligus sebagai media untuk menggali topik-topik yang menarik dan potensial  untuk dikerjasamakan di masa mendatang, tegas Soni Solistia Wirawan, Deputi Kepala BPPT Bidang TAB saat memberikan arahan (keynote speech) pada acara simposium tersebut. Kegiatan ini dihadiri oleh para peneliti dan perekayasa dari unit kerja yang ada di lingkungan kedeputian TAB serta pihak Lund University. Berkesempatan hadir pada acara tersebut  Direktur Pusat Teknologi Agroindustri dan Kepala Balai Bioteknologi.


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT