• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tingkatkan Produktifitas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Cilacap, BPPT Gelar Bakti Inovasi Teknologi

BPPT terus melakukan kegiatan bakti inovasi dan layanan teknologi di berbagai bidang teknologi. Salah satu diantaranya bidang pertanian dan peternakan untuk mendukung program pemerintah dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, kata Deputi Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB) Soni Solistia Wirawan.

 

Kegiatan Bakti Inovasi tersebut merupakan kerjasama BPPT dengan mitra kerja Komisi VII DPR-RI melakukan kegiatan bakti inovasi melalui teknologi pertanian dan peternakan di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah (22/04).

 

Salah satu usaha yang dapat dilakukan adalah menggunakan bahan baku lokal (bahan pakan, bibit ternak, bibit tanaman) dan efisiensi produksi melalui penerapan teknologi urban farming (hidroponik) dan teknologi pengolahan serta penyimpanan bahan baku pakan lokal, ujar Soni.

 

Kabupaten Cilacap menurutnya merupakan salah satu wilayah produksi bahan pangan sumber pertanian dan peternakan. Dengan lahannya yang subur dan tersedianya banyak bahan baku pakan limbah pertanian mendukung produktifitas pertanian peternakan di daerah tersebut. Namun dengan adanya pandemi Covid-19 mempengaruhi produktivitas pertanian melalui perubahan pola budidaya dan rantai pasok faktor produksi dari hulu sampai ke hilir.

 

Tentunya potensi ini dapat dilengkapi dengan mengimplementasikan inovasi-inovasi teknologi yang dapat mempertahankan produksinya. BPPT melalui Pusat Teknologi Produksi Pertanian (PTPP) juga menghasilkan produk inovasi teknologi pengolahan bahan baku pakan lokal menjadi pakan lengkap yang berkualitas dan dapat disimpan. 

 

Proses pengolahan pakan tersebut didukung oleh mesin pengolahan yang efisiensi, seperti dalam bakti inovasi ini yaitu mesin pengolah pakan Chopper-Mill yang berfungsi penting dalam proses pengolahan bahan pakan lokal, pungkasnya.

 

Sementara, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mendukung penuh peran BPPT untuk melakukan inovasi yang bisa bersentuhan langsung kepada masyarakat sehingga dapat mendorong produktivitas dan pertumbuhan ekonomi daerah.

 

Sugeng berharap kegiatan bakti inovasi ini merupakan salah satu peranan BPPT dalam layanan teknologi dapat dimanfaatkan masyarakat dan berkembang menjadi sebuah usaha yang menguntungkan dan dapat meningkatkan pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19.

 

Sebagai informasi, pada kegiatan ini juga dilakukan penyerahan 25 set hidroponik, 5 unit mesin pakan, pupuk dan pakan ternak yang disampaikan kepada kelompok tani ternak di Kabupaten Cilacap. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT