• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

PUSAT TEKNOLOGI BIOINDUSTRI ADAKAN CONFERENCE ON INDUSTRIAL ENZYME AND BIOTECHNOLOGY 2010

Sebagai bagian dari rangkaian acara Hari Teknologi Nasional dan Ulang Tahun ke-32 BPPT, Pusat Teknologi Bioindustri (PTB) BPPT telah menyelenggarakan acara Conference on Industrial Enzyme and Biotechnology (CIEB) 2010 di PUSPIPTEK Serpong, 3 ‚ 6 Agustus 2010.

{rokbox}images/stories/cieb.jpg{/rokbox}{rokbox}images/stories/cieb0.jpg{/rokbox}{rokbox}images/stories/cieb1.jpg{/rokbox}

Dibuka oleh Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Agroindustri dan Bioteknologi (TAB), Listyani Wijayanti, konferensi yang mengambil tema Enzyme Technology for Eco-Friendly Industry tersebut terdiri dari empat kegiatan, yaitu seminar ilmiah, focus group discussion (FGD) dan dua kegiatan workshop berbasis laboratorium.

‚BPPT telah melakukan penelitian enzim sejak beberapa belas tahun terakhir. Menyadari peran penting enzim di industri, baik di dalam maupun luar negeri, sudah sepantasnya apabila BPPT melangkah menuju aplikasi di industri‚, ungkap Listyani.

Hingga kini, menurut Listyani, yang masih menjadi penghalang aplikasi hasil-hasil penelitian ke dunia industri di Indonesia adalah ketidakdekatan dunia riset dan akademis dengan industri. Sehingga, tanpa intervensi pemerintah dan pembuat kebijakan, hasil-hasil riset akan tetap hanya berupa data yang terkumpul dalam publikasi-publikasi ilmiah.

‚Oleh karena itu, menjadi kewajiban BPPT untuk membawa dunia industri Indonesia menuju proses industri yang ramah lingkungan dengan menerapkan enzim dalam proses produksinya‚, tambah Listyani.

Acara seminar ilmiah yang didukung oleh DAAD (Deutsche Akademische Austausch Dienst‚Dinas Pertukaran Akademisi Jerman) tersebut menghadirkan dua pembicara dari Jerman, yaitu profesor dari Universitas Mnster dan Insitut Johann Heinrich von Thnen yaitu Friedhelm Meinhardt dan Klaus-Dieter Vorlop, serta profesor dari Institut Pertanian Bogor, Maggy T. Suhartono.

Masalah-masalah yang berkaitan dengan komersialisasi teknologi juga dibahas dalam FGD yang berjudul Technology Commercialisation; from Discovery to Market. FGD tersebut ditujukan sebagai langkah awal menuju aplikasi enzim dan hasil-hasil riset bioteknologi lainnya untuk memasuki industri nasional.

Diselenggarakan pula workshop berbasis laboratorium di Laboratorium Pengembangan Teknologi Industri Agro dan Biomedika (LAPTIAB) tentang biologi molekuler dan purifikasi protein pada 4-6 Agustus 2010. Diakhir kegiatan, Kepala LAPTIAB Deden R. Waltam berkesempatan menutup rangkaian acara CIEB 2010 tersebut. (AN/ptb/humas)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT