• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

PERLU PENGEMBANGAN PRODUK HILIR KELAPA SAWIT YANG BERDAYA SAING

Dalam rangka mendukung dan mengembangkan industri kelapa sawit secara nasional melalui kerangka Sistem Inovasi Nasional (SIN), Pusat Teknologi Agroindustri (PTA) BPPT mengadakan workshop pada hari ini. Keluaran yang diharapkan adalah masukan dan rekomendasi yang dapat diberikan kepada para pemangku kepentingan baik teknis maupun kebijakan untuk menciptakan industri kelapa sawit yang memiliki daya saing dan berkelanjutan. Workshop diikuti oleh 80 orang, yang terdiri dari kalangan industri, pemerintah, peneliti dan perekayasa, demikian dikatakan Direktur PTA BPPT, Priyo Atmaji dalam laporannya pada acara Workshop Pengembangan Produk Hilir Sawit untuk Meningkatkan Daya Saing dan Kesinambungan Industri Sawit Indonesia di BPPT, Kamis (4/11). Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Kepala BPPT, Marzan A Iskandar mengatakan bahwa industri kelapa sawit merupakan salah satu pilar ekonomi nasional dengan produksi minyak sawit/Crude Palm Oil (CPO) mencapai 20,7 juta ton dan mampu menyerap tenaga kerja hingga 3,5 juta orang kepala keluarga. Meskipun demikian, masih banyak permasalahan yang membayangi industri kelapa sawit dan perlu dicarikan solusinya. Seperti masalah terkait lingkungan, kesehatan dan sosial budaya serta kurangnya kemampuan nasional dalam hal pengembangan industri turunan sawit.

Lebih lanjut Kepala BPPT mengatakan bahwa salah satu permasalahan yang harus dicari jalan keluarnya adalah masih rendahnya muatan inovasi yang mampu meningkatkan nilai tambah komoditas sehingga tidak hanya menghasilkan produk CPO dan PKO (Palm Kernel Oil), tetapi juga produk turunan lainnya dengan mengembangkan industri hilir kelapa sawit.

Pengembangan produk hilir kelapa sawit ini tentunya memerlukan sinergi antara lembaga riset, industri, institusi finansial dan pemerintah dalam suatu kerangka Sistem Inovasi Nasional (SIN) agar menghasilkan inovasi yang memperkuat daya saing industri kelapa sawit. Forum seperti ini diharapkan tidak hanya membahas detail teknologi, desain atau kemampuan secara teknis saja tetapi juga mengidentifikasi masalah non teknis agar konsep yang kita rencanakan ini dapat berjalan, lanjutnya.

Workshop tersebut dibagi dalam dua sesi dan menampilkan beberapa pembicara yang berasal baik dari kalangan pemerintah, industri dan litbangyasa seperti Steve Goei King An, Ketua Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apolin), Guru Besar IPB dan Ketua Umum Masyarakat Perkelapa-sawitan Indonesia (MAKSI), Dirjen Industri Berbasis Agro Kementerian Perindustrian, Benny Wachjudi, M. Nasikin dari Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia, Fuyuhiko Ishikawa dari Metawater Company Jepang dan Bayu Rusmandana dari BPPT. (YRA/humas)




Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT