Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT-TNI AL Jalin Kerjasama Ciptakan Kemandirian Teknologi Hankam Nasional

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) melakukan penandatanganan Piagam Kesepakatan Bersama (PKS) tentang Pengembangan dan Penerapan Teknologi dalam Mendukung Tugas TNI AL, di Surabaya, (12/5). Tujuan dilakukannya PKS ini adalah untuk penerapan teknologi dalam menciptakan kemandirian pertahanan dan keamanan, khususnya matra laut.

 

Kepala BPPT Unggul Priyanto mengatakan kemandirian teknologi alat peralatan pertahanan dan keamanan, khususnya matra laut, merupakan keniscayaan yang harus dimiliki bangsa Indonesia. 

 

"Penandatanganan ini sangat penting sebagai bentuk sinergi yang bertujuan untuk meningkatkan kemandirian bangsa di bidang Hankam, dengan meningkatkan kemampuan penerapan teknologinya," ungkap Unggul.

 

Unggul berharap dari kerjasama yang bertajuk pengembangan dan penerapan teknologi dalam mendukung tugas TNI AL ini dapat menciptakan efektifitas, produktivitas dan berjalan optimal.

 

"Sebelumnya, BPPT bersama TNI AL dan mitra kerja lainnya juga telah bekerjasama dalam menciptakan rancang bangun dan rekayasa kapal rawa, rancang bangun dan rekayasa battery kapal selam, desain kapal selam mini dan pengujian-pengujiannya," kata Unggul.

 

Sementara, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi menyampaikan hubungan TNI AL dengan BPPT ini merupakan hubungan timbal balik dalam hal pemanfaatan hasil riset hasil karya anak bangsa. 

 

"Selama ini banyak hasil riset negara ini yang justru dimanfaatkan asing. Melalui PKS ini semoga kedepannya hasil riset anak bangsa dapat dimanfaatkan untuk menciptakan kemandirian bangsa," kata Ade Supandi.

 

Ade Supandi menegaskan saat ini pemanfaatan teknologi sangat penting. Seperti dalam hal pembuatan kapal, karena untuk membuat kapal tidak hanya dengan perkiraan saja. Pembuatan kapal harus berdasarkan gambar desain dan monitoring hasil dari para desainer dan peneliti. 

 

"Saya harap kerjasama ini dapat lebih mempererat hubungan antara TNI AL dengan BPPT dalam hal pengembangan kapal dan matra laut lainnya. Sehingga kita dapat bersama-sama memajukan ketahanan nasional," tutup Ade Supandi. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id