• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

2008-2018, Satu Dekade Kerjasama Antara Indonesia Dan Turki Dalam Pengujian Terowongan Angin Untuk Pengembangan Pesawat Udara Nir Awak (UAV, Unmanned Aerial Vehicle)

Vice President Turkish Aerospace for Corporate Marketing and Communication, Tamer Özmen, dan Executive Vice President for Unmanned Air System, Omer Yildiz, bersama tim manajemen lainnya telah berkunjung ke Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aerolastika dan Aeroakustika (BBTA3) BPPT, di kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK), Tangerang Selatan, 11 Oktober 2018.

 

 

Kerjasasama antara BBTA3 (Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika dan Aeroakustika) BPPT dan Turkish Aerospace telah dimulai sejak 2008 ketika kampanye pertama pengujian terowongan angin dilakukan di ILST (Indonesian Low Speed Tunnel) untuk ANKA, sebuah pesawat udara nir awak kelas MALE (Medium Altitude Long Endurance) milik Turkish Aerospace.

 

Pada kunjungan tersebut Ozmen menyampaikan bahwa Turkish Aerospace memberikan appresiasi yang tinggi atas kontribusi BPPT melalui BBTA3 dalam pengembangan Unmanned Air Systemnya. Ozmen menyampaikan bahwa sejak 2008 BBTA3 dan Turkish Aerospace telah dan sedang berkolaborasi dalam lima kampanye pengujian terowongan angin untuk pesawat udara nir awak.

 

Kampanye pengujian terowongan angin pertama dilakukan terhadap model ANKA dengan konfigurasi penuh (full configuration) dan model sayap 2D. Kampanye pengujian ini diarahkan untuk memperoleh karateristik aerodinamik dari varian pertama. Kampanye pengujian ini dilakukan selama delapan bulan sejak Maret hingga November 2008. Data yang terkumpul sangat banyak selama pengujian ini memegang peranan yang sangat penting baik bagi pengembangan perangkat lunak untuk sistem kendali autopilot, maupun untuk memverifikasi kinerja terbang sebelum terbang perdana.

 

Kampanye pengujian kedua dilakukan di ILST pada April-Mei 2015 untuk varian lain ANKA termasuk varian SATCOM. Pengujian terhadap model terskala pada kampanye ini dilakukan untuk memperoleh efek-efek deformasi sayap, instalasi alat komunikasi seperti: radomes SAR dan SATCOM, Kamera EO/IR, winglets dan air inlets terhadap karakteristik aerodinamika ANKA.

 

Kampanye pengujian terowongan angin ketiga di ILST dilakukan terhadap sayap ANKA-NG (Next Generation) dalam skala penuh pada Juni 2015. Data hinge moment aerodinamik untuk sayap 2D diperoleh untuk berbagai defleksi trailing edge. Data ini ini sangat penting dalam pengembangan deicing system atau antsipasi kontaminasi pada permukaan sayap selama siklus operasi.

 

Kampanye pengujian terowongan angin keempat dilakukan untuk ANK-NG di ILST BBTA3 dalam model terskala. Pada pengujian ini efek geometri sayap baru terhadap gaya dan momen aerodinamika dikaji sebanyak 60 polar data valid.

 

“Keempat kampanye pengujian terowongan angin ANKA di ILST telah memberikan kontribusi yang besar dalam pengembangan ANKA UAV System dengan performa terbang yang superior dan peningkatan fitur-fitur keselamatan,” ungkap Tamer Ozmen, Vice President Turkish Aerospace untuk Corporate Marketing and Communication pada kungjungannya 11 Oktober lalu ke BBTA3 BPPT.

 

Ozmen mengatakan bahwa saat ini ANKA merupakan UAV kelas MALE yang combat proven untuk Intelligence, Reconnaissance, Surveillance and Strike System baik untuk keamanan dalam negeri maupun operasi pengintaian maritim. ANKA kini siap untuk misi-misi militer yang diperlukan dengan berbagai konfigurasi payload.

 

Saat ini Turkish Aerospace meneruskan kolaborasinya dengan BBTA3 untuk yang kelima kali dalam pengujian terowongan angin Sistem UAV baru untuk High Payload Capacity.

 

Kampanye pengujian kelima ini ditujukan untuk memperoleh karakteristik aerodinamika model pesawat baru mereka ,YFYK, yang terskala dalam konfigurasi penuh. Kampanye pengujian ini dimulai September 2018 dan direncanakan untuk memperoleh 233 polar data aerodinamika termasuk untuk berbagai defleksi bidang kendali dan berbagai konfigurasi payloads hingga akhir Oktober 2018.

 

Ozmen menambahkan bahwa Turkish Aerospace sangat berterima kasih atas kontribusi BPPT melalui BBTA3 dalam keberhasilan pengembangan product line UAV Turkish Aerospace, dia berharap kolaborasi ini berkelanjutan untuk masa-masa yang akan datang.

 

Pada kesempatan tersebut, Kepala Balai Besar Teknologi Aerodinamika, Aeroelastika, dan Aeroakustika (BBTA3), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Fadilah Hasim mengakui kerja sama dengan Turkish Aerospace dalam pengujian aerodinamika UAV sangat bermanfaat. Fadilah mengatakan bahwa pada tahun 2008 ketika BBTA3 BPPT (dulu LAGG) memulai kerja sama pengembangan UAV ANKA dengan Turkish Aerospace, teknologi pesawat nir awak baru mulai berkembang.

 

“Kampanye pengujian terowongan angin ANKA memberi kesempatan untuk mendapatkan pengalaman mempelajari pesawat-pesawat kecil UAV atau pesawat dengan bilangan Reynolds rendah,” ungkap Fadilah.

 

Menurut Fadilah, database aerodinamika untuk bilangan Reynolds rendah ini masih relatif terbatas dibanding dengan database untuk bilangan Reynolds tinggi yang biasa dilmiliki pesawat-pesawat besar yang sudah banyak terdapat di buku dan berbagai literatur.

 

“Tapi pesawat dengan sayap kecil yang sangat sensitif walaupun terhadap gangguan kecil yang kecil, masih belum banyak databasenya. Kami jadi ada kesempatan untuk mengkaji,” imbuh dia.

 

Fadilah menjelaskan fasilitas pengujian model pesawat yang ada di BBTA3 BPPT yaitu ILST (Indonesian Low Speed Tunnel) adalah terowongan angin dengan seksi uji berukuran 4 m × 3 m yang dibangun oleh Presiden B.J. Habibie menggunakan teknologi asal Jerman dan Belanda.

 

“Terowongan angin kami sangat presisi dengan intensitas turbulensi yang sangat rendah di bawah 0,1 persen, lapisan batas yang sangat tipis di bawah 5 persen , dan sudut aliran yang sangat seragam” ujar Fadilah.

“Terowongan angin ILST adalah terowongan angin kelas dunia, dan kami selalu berupaya yang terbaik untuk menjaganya dengan baik” lanjut dia. (BBTA3 BPPT/Humas/HMP)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT