Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Tingkatkan TKDN LRT, BPPT Inspeksi Carbody Kereta

 

Sejak tahun 90-an BPPT berupaya melakukan penguasaan rancang bangun teknologi perkeretaapian nasional.

 

Dikatakan Direktur Pusat Teknologi Industri Permesinan BPPT, Barman Tambunan, sejak tahun 2006 BPPT bahu membahu, bekerjasama dengan PT INKA Madiun, merintis kegiatan rancang bangun kereta monorel.

 

 

"Berbagai upaya inovasi teknologi dan penguasaan rancang bangun teknologi perkeretaapian nasional, terus dilakukan demi kemandirian nasional," ungkapnya di PT INKA, Madiun (07/11).

 

Lebih lanjut disebutnya, saat ini BPPT berfokus untuk menyiapkan aspek keamanan desain teknologi untuk LRT Jabodebek. Adalah aspek RAMS atau Reliability, Availability, Maintainability and Safety, yang menjadi titik perhatian.

 

"Kontribusi utama BPPT secara teknis adalah dalam perhitungan RAMS untuk komponen utama yang disepakati, proses manufaktur dan supervisi untuk passenger information display," terangnya.

 

Menurut Barman yang juga menjadi Kepala Program LRT BPPT, pihaknya juga terus menyoroti perihal Review, Validasi, dan Verifikasi Desain, Poject Management, serta pengawasan terhadap Quality Process.

 

Hal tersebut dilakukan BPPT dengan berbagai program, di antaranya program inovasi, audit, clearing house dan alih teknologi. Selain itu, BPPT juga menerapkan program capacity building agar daya saing industri perkeretaapian Indonesia meningkat.

 

"Kami ingin INKA bisa produksi LRT dengan TKDN yang tinggi, agar Indonesia bisa bikin sendiri," terangnya.

 

Inspeksi Carbody

 

 

Pada kesempatan yang sama disampaikan oleh Kepala Balai Besar Teknologi Kekuatan Struktur BPPT, Sudarmadi, saat ini tim nya tengah melakukan inspeksi terhadap carbody LRT Jabodebek di fasilitas PT INKA Madiun.

 

"Kami tengah uji kekuatan struktur kereta LRT Jabodebek ini. Bagaimana jika diberi beban yang besar, dapat terus berjalan dengan aman," paparnya.

 

Meski PT INKA dianggap mumpuni dan telah siap memproduksi armada LRT, namun perusahaan ini maih membutuhkan bantuan secara teknologi. Tapi hal ini bukanlah halangan bagi perusahaan itu, karena BPPT siap mendukung rekomendasi teknologinya.

 

Lebih lanjut Direktur Teknologi dan Komersial PT INKA Agung Sedaju, mengharapkan pihaknya terus mendapat dukungan pemerintah, dalam program LRT Jabodebek ini.

 

"PT INKA dengan dukungan BPPT siap untuk menjalankan program LRT Jabodebek ini. Semoga kami terus mendapat dukungan dari pemerintah," pungkasnya. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id