Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Bedah Buku Teknologi Perkapalan, BPPT Dukung Teknologi Bidang Kemaritiman

Buku Seri Knowledge Management merupakan sebuah tools yang kita gunakan dalam hal pengelolaan pengetahuan yang bertujuan untuk memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki BPPT. Sehingga pengetahuan yang dimiliki oleh pegawai BPPT dapat berguna untuk diri mereka sendiri maupun untuk orang lain, kata Sekretaris Utama BPPT Wimpie Agoeng Noegroho pada acara bedah buku seri Knowledge Management dengan judul Merajut Langkah Pengabdian dalam Penerapan Teknologi Maritim Nasional, di Puspiptek Serpong, (26/11).

 

 

Lanjut Wimpie, dengan kondisi demikian bisa memberikan semangat atau suatu ajakan seraca langsung bagi para perekayasa dan peneliti yang masih muda-muda dan saya mengapresiasi buku ini.

 

Ini merupakan suatu hal yang luar biasa, Wimpie berharap ini mejadi titik awal bagi yang lain untuk bisa melaksanakan penulisan ilmiah. Ini akan menjadi suatu wahana bagi teman-teman di BPPT khususnya di kedeputian TIRBR untuk bisa menuangkan curah pikirnya dalam bentuk tertulis dan terdukumentasi bagi generasi berikutnya serta bermanfaat bagi kita bersama, jelas Wimpie.

 

Hal sama dikatakan Deputi Bidang TIRBR BPPT Wahyu Widodo Pandoe, bahwa pengetahuan yang dimiliki pakar teknologi ini akan diolah kembali kemudian disharing melalui knowledge management system yang semestinya sudah dipersiapkan oleh Pusat Manajemen Informasi agar bisa dimanfaatkan kembali oleh generasi penerus maupun masyarakat umum dengan harapan dapat melahirkan inovasi-inovasi baru.

 

Menurutnya, salah satu pengetahuan bidang maritim yang akan kita peroleh adalah dengan menghadirkan kembali Indonesia sebagai negara dengan kedaulatan maritim untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara dan meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing pasar internasional, sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa Asia lainnya.

 

Dikatakan Wahyu, BPPT telah ikut berkontribusi dalam kaji-terap teknologi maritim khususnya di bidang teknologi perkapalan. Hal ini telah diungkapkan dari rangkaian hasil kerja Perekayasa Utama kedeputian TIRBR di bidang teknologi maritim, Iskendar yang juga penulis buku tersebut..

 

Banyak hal yang sudah dikerjakannya antara lain Rancang Bangun Kapal Maruta Jaya, Kapal Cepat Jet Foil Bima Samudera, Rancang Bangun Kapal Bersayap Wing in Surface Effect (WiSE): Pengembangan Galangan Kapal di Kawasan Ekonomi Khusus Sorong, Rancang bangun Crane untuk Kapal Peti Kemas 100 TEUs, ujar Wahyu.

 

Saya ucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Iskendar yang telah mengabdi dan menyumbangkan ilmu pengetahuan dalam bidang teknologi Maritim khususnya teknologi perkapalan di BPPT, tutup Wahyu.

 

Sebagai informasi acara tersebut juga dihadiri Kepala Pusat Manajemen Informasi BPPT Irwan Rawal Husdi, para perekayasa, peneliti dan ahli di bidang perkapalan serta para undangan. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id