• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Tertarik Bidang Hidrodinamika, Wamen ESDM Kunjungi BTH BPPT

 

Kepala BPPT Hammam Riza menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Wamen ESDM) Arcandra Tahar ke Balai Teknologi Hidrodinamika (BTH) BPPT, di Surabaya, Jawa Timur (02/08).

Di kesempatan tersebut, Wamen ESDM didampingi Kepala Badan Litbang ESDM Dadan Kusdiana, Kepala Lemigas Setyorini Tri Hutami.

Hammam yang didampingi Deputi Bidang TIRBR BPPT Wahyu Widodo Pandoe, Deputi Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi Gatot Dwianto, Kepala Balai Teknologi Hidrodinamika BPPT Muryadin, Direktur Pusat Teknologi Rekayasa Industri Maritim BPPT Taufiq A Setyanto serta Kepala Pusat Layanan Teknologi BPPT Yenni Bachtiar menyampaikan, kunjungan ini merupakan sebuah kesempatan bagi kita dalam mendorong inovasi dan layanan teknologi yang digunakan oleh masyarakat, industri maupun badan usaha dalam rangka mendapatkan seluruh jasa teknologi yang dimiliki BPPT.  

Adapun lanjut Hammam, kunjungan Wamen ESDM tersebut secara khusus mendorong peran BPPT yakni perekayasaan, kliring teknologi, audit teknologi, intermediasi, alih teknologi, difusi dan komersialisasi.

 

 

Arcandra sendiri ungkap Hammam, memiliki keahlian di bidang hidrodinamika sehingga kesempatan kita beraudiensi mendapatkan masukan bagaimana BPPT menjalankan perannya dalam bidang hidrodinamika.

Wamen ESDM tersebut juga banyak menyampaikan kepada kita terkait visi, platform, pengujian-pengujian serta metode yang terus berkembang dan tentu saja memperkaya pengetahuan kita, jelas Hammam.

BPPT sebagai learning organization kata Hammam, tidak akan pernah berhenti belajar terus menggunakan kemampuan kita. Bersamaan dengan itu kita harus mempersiapkan sumberdaya yang mumpuni di bidang hidrodinamika, pungkas Hammam.

Dikesempatan yang sama, Deputi Bidang TIRBR BPPT Wahyu Widodo Pandoe mengungkapkan BPPT siap mempererat kerjasama dengan Lemigas terkait sub surface.

Lanjut kata Deputi Wahyu, dari kunjungan ini kami mendapat masukan untuk memperkaya jenis layanan teknologi sehingga dapat meningkatkan daya saing nasional.

Sementara Arcandra menyebut saatnya mulai merubah paradigma dalam berinovasi, yang selama ini masih berkutat rasa keingintahuan peneliti dirubah menjadi inovasi yg mempunyai manfaat dan efesien bagi masyarakat.

Selain itu lanjut Arcandra, inovasi harus memikirkan proses bisnis sehingga dapat berkompetisi dengan pasar.

Jikalau negara ingin maju harus berani bersaing dengan siapa pun, jangan menunggu penugasan pemerintah selain itu juga harus efesien dan siap berkompetisi, ujar Wamen Arcandra. 

Sebagai informasi, Laboratorium Hidrodinamika BPPT merupakan fasilitas rekayasa teknologi bidang perkapalan dan bangunan apung lainnya yang dilengkapi dengan fasilitas modern berskala industri dan terbesar di Asia Tenggara.

Fasilitas tersebut antara lain Towing Tank (TT), Manouvering Ocean Engineering Basin (MOB) dan Cavitation Tunnel (CT) serta fasilitas pendukung lainnya yaitu Bengkel Model Kapal, Bengkel Mesin, Bengkel Model Propeller dan Drawing Office. Dalam menjalankan fungsinya. Balai Teknologi Hidrodinamika mempunyai tugas melaksanakan pelayanan jasa pengujian bidang hidrodinamika untuk kapal dan bangunan apung lainnya.

Dikesempatan tersebut Wamen ESDM juga melakukan kunjungan ke laboratorium dan fasilitas yang ada di Balai Teknologi Hidrodinamika BPPT. (Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT