• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Mobile Laboratorium Buatan Dalam Negeri Siap Digunakan

Tangerang Selatan (15/05). Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza meninjau pembangunan Mobile Lab Bio Safety Level-2 untuk memperkuat ekosistem inovasi penanganan Coronavarius. Mobile Lab BSL 2 BPPT ini bertujuan untuk melakukan pengujian PCR-Covid-19 di lokasi yang sulit mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

 

Mobile Lab BSL 2 telah mengikuti standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Laboratorium itu juga dilengkapi sejumlah peralatan yang mendukung pemeriksaan swab Covid-19, antara lain peralatan PCR untuk tes swab Covid-19, biosafety cabinet, dan sistem pemprosesan limbah medis. Mobile lab ini dibuat dari kontainer sehingga bisa dipindah ke daerah-daerah dalam epicenter Covid-19.

 

Dikatakan Hammam, Mobile Lab BSL 2 ini nantinya akan melayani masyarakat yang telah melakukan registrasi melalui aplikasi pantau Covid-19 dan hasilnya akan dikirimkan langsung ke hand phone masing masing. Aplikasi ini terintegrasi dengan sistem Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 guna melakukan update data pasien, ujarnya.

 

Hammam juga menekankan bahwa pembangunan Mobile Lab BSL 2 ini menjadi upaya BPPT untuk mendukung percepatan penanganan Covid-19 serta mendukung dokter dan tenaga medis yang berjuang di lini depan.

 

Disebutkannya juga bahwa pihaknya berfokus membangun ekosistem inovasi dalam penanganan wabah Covid-19 ini mulai dari testing, tracing, detecting, hingga menghasilkan produk inovasi alat  kesehatan.

 

Dalam menghasilkan berbagai produk alat kesehatan ini,  juga tetap mengedepankan suasana  physical distancing ditengah aturan work from home, pungkasnya. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT