• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

DUKUNG PEMBANGUNAN KABUPATEN CILACAP DENGAN TEKNOLOGI

Hubungan antara BPPT dengan Kabupaten Cilacap sebenarnya sudah diprakarsai sejak tiga tahun yang lalu. Melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kerjasama ke arah yang lebih real dalam mendorong pengembangan Kabupaten Cilacap. Kami berharap kehadiran BPPT disini dapat menjadi rahmatan lil cilacap, kata Deputi Kepala BPPT Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi (PKT), Tatang A. Taufik saat penandatanganan MoU antara BPPT dengan Pemerintah Kabupaten Cilacap mengenai Pengkajian, Penerapan dan Pemasyarakatan Teknologi untuk Mendukung Pembangunan Daerah Cilacap, di Cilacap Selasa (26/4).

Senada dengan Tatang, Wakil Bupati Kabupaten Cilacap Tatto Suwarto Pamuji juga menekankan pentingnya kerjasama dengan BPPT dalam mendorong percepatan pembangunan Kabupaten Cilacap. Kabupaten Cilacap merupakan sebuah wilayah kabupaten yang terluas di Jawa Tengah. Terdiri dari 24 kecamatan dan 284 desa, Cilacap dihuni oleh kurang lebih 2 juta penduduk. Meskipun memiliki potensi yang cukup besar dalam bidang pertanian dan kelautan, 33% dari jumlah penduduk Cilacap masih dikategorikan sebagai penduduk miskin. Karena itu melalui penandatanganan MoU ini diharapkan dapat mendorong pembangunan ekonomi di Cilacap, jelasnya.

Kabupaten Cilacap, lanjut Tatto, mempunyai banyak potensi sumberdaya alam dengan keunggulan komparatif dalam berbagai bidang yang tentunya dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain memiliki berbagai potensi tersebut, Cilacap juga mempunyai potensi bencana alam yang cukup tinggi seperti tsunami, banjir, dan sedimentasi. Sehingga dengan adanya kerjasama ini, diharapkan dapat membantu Kabupaten Cilacap dalam mengembangkan potesi daerah dan kapasitas masyarakatnya, serta juga dalam mengatasi permasalahan kebencanaan yang ada, terangnya.

Adapun ruang lingkup kerjasama yang akan dilakukan antara lain pengkajian kebijakan teknologi yang meliputi inovasi, difusi, daya saing serta audit teknologi, pengkajian dan penerapan teknologi agroindustri dan bioteknologi, pengkajian dan penerapan teknologi pemanfaatan sumberdaya alam dan lingkungan serta kebencanaan, pengkajian dan penerapan teknologi rancang bangun dan rekayasa serta pengkajian dan penerapan teknologi informasi, energi dan material.

Bentuk kerjasma yang akan dilakukan nantinya meliputi penelitian dan pengembangan teknologi, pendidikan dan pelatihan, pemanfaatan dan penerapan hasil-hasil penelitian yang ada, serta bantuan teknis lainnya.

Hadir dalam penandatanganan MoU Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Rancang Bangun dan Rekayasa, Iskendar, Kepala Balai Pengkajian Dinamika Pantai BPPT beserta jajarannya, pejabat di lingkungan Kabupaten Cilacap serta Kepala BUMN dan swasta di kabupaten Cilacap. (SYRA/humas)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT