Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

PENGEMBANGAN PLTP SKALA KECIL WUJUDKAN TKDN

“Sebagaimana kita ketahui, Indonesia mempunyai potensi sumber panas bumi yang sangat besar, tersebar dari Pulau Sumatera, Jawa, Nusa Tenggara hingga Maluku dan Sulawesi. Potensi energi panas bumi di Indonesia saat ini mencapai lebih dari 29.000 mega watt  (MW), sampai saat ini pemanfaatan energi panas bumi untuk pembangkit listrik baru 1.343 mw atau hanya sekitar 4% dari total potensi yang dimiliki”, ungkap Kepala BPPT Marzan A. Iskandar pada acara pembukaan Workshop Potensi dan Prospek Pengembangan PLTP Skala Kecil dan Perjanjian Kerjasama antara BPPT dan PT. Pertamina Geothermal Energi,  Jakarta (30/9).

Lebih lanjut Marzan menambahkan bahwa dari 1.300 MW lebih Pembangkit Listrik Panas Bumi (PLTP) tersebut seluruhnya memanfaatkan teknologi asing, tidak ada satupun PLTP yang ada saat ini merupakan hasil karya sumber daya manusia dalam negeri, bahkan untuk PLTP skala kecil sekalipun. “Dalam Peraturan Presiden tentang RPJMN 2010-2014, BPPT mendapat tugas untuk mengembangkan teknologi PLTP yang dimulai dari PLTP skala kecil. Pengembangan PLTP skala kecil  di BPPT merupakan salah satu program pioritas nasional yang perlu didukung oleh semua pihak,” tambahnya.

Senada dengan Kepala BPPT, Direktur Utama PT. Pertamina Geothermal Energi,  Adriansyah mengatakan banyaknya potensi geothermal di Indonesia yang belum termanfaatkan. “Kami menyambut baik kerjasama ini.  Kami percaya walaupun belum kearah komersial, kerjasama ini tetap menjadi langkah yang sangat penting mengingat banyaknya potensi geothermal yang belum dimanfatkan di Indonesia”.

“Ini merupakan langkah kecil dari kita, akan tetapi cukup berani bahwa kita akan mencoba untuk merealisasikan kreatifitas yang dimiliki oleh anak bangsa dalam kegiatan pembangunan PLTP . Dari kegiatan PLTP ini yang kami harapkan dapat membuka opportunity kita untuk mengembangkan baik itu dari green field maupun dari exist field yang ada untuk PLTP dibawah skala 5 MW, ini adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh Pertamina saat ini, sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa rencana jangka panjang kami sesuai hasil dari kerjasama ini, tutup Adriansyah”.

Teknologi PLTP

BPPT telah mengembangkan dua jenis teknlogi PLTP pertama teknologi PLTP Condonesing Turbine, merupakan teknologi PLTP konvesional yang sat ini diadopsi oleh seluruh PLTP di Indonesia. BPPT menargetkan untuk menguasai teknologi ini mulai dari rancang bangun sistem PLTP dan komponen-komponen utamanya seperti turbin, condenser dan lain-lain, sampai dengan pembinaan terhadap industri manufaktur lokal. Tujuannya utamanya adalah penguasaan teknologi dan peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Pilot plant PLTP ini dengan kapasitas 3 MW telah dibangun di lapangan panas bumi Kamojang melalui kerjasama Balai Besar Konversi Sumberdaya Alam Jawa Barat dan PT. Geothermal Energy serta PT. PLN.

Kedua teknologi PLTP Binary Cycle, merupakan teknologi PLTP yang dikembangkan mulaiu dari desain konsep, desain sistem dan komponen, manufaktur komponen oleh industri dalam negeri sampai dengan dengan pembangunan pilot plant dengan kapasitas 100 KW. Penguasaan teknologi ini sangat penting dalam rangka meningkatakan efesiensi pemanfaatan energi panas bumi dan sekaligus sarana konservasi energi panas bumi. Pilot plant ini sedang dibangun di lapangan panas bumi Wayang windu kerjasama dengan Star Energy Geothermal Ltd. Tujuan dari PLTP binary cycle ini subtitusi Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) oleh PLTP skala kecil, saat ini PLTD masih banyak digunakan oleh wilayah sebenarnya kaya dengan sumber energi panas bumi seperti di Nusa Tenggara dan Maluku. Penerepan PLTP skala kecil untuk menggantikan PLTD-PLTD tertentu akan mampu mengurangi beban Pemerintah dalam penggunaan BBM dan subsidi listrik. Tujuan lain adalah mewujudkan kemandiran nasional dalam bidang ketenagalistrikan, penguasaan teknologi PLTP skala kecil mampu meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan SDM dan industri dalam negeri, sehingga dapat memberikan kontribusi yang sangat besar dalam mewujudkan kemandrian nasional. (JYRA/Humas).

align=

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id