• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Inovasi BPPT Ciptakan Teknologi Material Armor Tahan Peluru untuk Kendaraan Tempur

Salah satu kebutuhan pengadaan alutsista TNI dan Polri terpenting adalah panel material armor untuk melindungi kendaraan tempur. Saat ini, kendaraan tempur tersebut telah dipasok oleh PT PINDAD, namun material armor belum bisa dipenuhi oleh lokal dan masih impor.

 

 

Selama ini, PT PINDAD telah memproduksi panser ANOA sebanyak 32 unit per tahun untuk memenuhi kebutuhan TNI-AD dimana harga panel armor yang diimpor untuk per unit panser sebesar Rp 1 miliar. Harga tersebut  adalah satu ton material armor yang terdiri dari 70 buah panel.

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) sebagai lembaga kaji terap teknologi telah membuat program dan layanan teknologi pembuatan material armor tahan peluru sebagai proteksi kendaraan tempur mendukung upaya mewujudkan kemandirian bangsa pada industri pertahanan sebagai Implementasi Program Prioritas Nasional 2010-2014: Tentang Pemberdayaan Industri Strategis Bidang Pertahanan.

 

Direktur Pusat Teknologi Material BPPT, Eniya Listiani Dewi mengatakan Pusat Teknologi Material (PTM) BPPT telah berhasil membuat prototipe dan menghasilkan rekomendasi teknologi pembuatan panel material armor untuk pelindung kendaraan tempur yang telah memenuhi spesifikasi teknik Standar Fungsional TNI.

 

"Yaitu untuk pengujian balistik panel material armor menggunakan Munisi Kaliber 12,7 x 99 mm (MU-3P)," kata Eniya.

 

Eniya berharap prototipe panel material armor ini diharapkan menjadi komponen substitusi impor yang akan digunakan oleh industri hankam (PT Pindad) dalam memproduksi panel material armor tahan peluru. 

 

"Sehingga kedepannya kita (Indonesia) sudah tidak lagi mengimpor bahan material armor untuk memenuhi produksi kendaraan tempur oleh PT PINDAD," tutup Eniya. (Humas)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT