Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Dorong Cita-Cita Presiden RI Lewat e-Nawacita

 

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Dialog Nasional Inovasi TIK 2015 dengan mengangkat tema Meraih e-Nawacita dengan Pelayanan Publik Elektronik yang Inovatif dan Bermutu untuk Pemerintah dan Demokrasi, di Auditorium BPPT, Jakarta, (8/9).



Acara Dialog Nasional Inovasi TIK 2015 ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi dan Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi M Nasir.

 

Tema e-Nawacita diadopsi BPPT agar Teknologi, Informasi dan Komunikasi (TIK) bisa menjadi sarana penting untuk mewujudkan dan meraih sembilan Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo dalam meraih cita-cita pembangunan lima tahun kedepan.



Kepala BPPT Unggul Priyanto dalam sambutannya mengatakan Dialog Nasional ini merupakan kesempatan yang sangat baik dalam melakukan konsolidasi, koordinasi dan mensinergikan kegiatan dan program dari tiap wakil kelembagaan, swasta dan industri dalam melakukan prioritas pembangunan di sektor pemerintahan yang demokratis melalui pelayanan publik yang prima secara elektronik atau didukung oleh TIK.



"Dalam hal peningkatan kualitas demokrasi di Indonesia, maka sangat penting membangunnya dari desa melalui pilar pemilihan kepala desa dengan teknologi informasi dan komunikasi agar terpilih kepala desa yang benar-benar pilihan rakyat yang dihasilkan dari pemilihan kepala desa secara elektronik yang jujur dan akurat menggunakan e-Voting," kata Unggul.



Kepala BPPT menambahkan, salah satu capaian BPPT adalah bahwa sampai akhir tahun 2015 ini dihasilkan lebih dari 250 Kepala desa hasil dari Pilkades elektronik (e-Voting) di 7 Kabupaten. Oleh karena itu, agar e-Voting bisa diterapkan di Indonesia, maka diluncurkan juga Buku Pedoman Implementasi e-Pilkades Serentak di Indonesia diharapkan menjadi acuan bagi kabupaten lain yang akan mengimplementasikan e-Voting dalam Pilkades serentak.



"Secara nasional e-Voting sudah menjadi alternatif  implementasinya dalam pemilihan kepala daerah secara serentak sesuai UU No.8 Tahun 2015 dengan latar belakang karena memudahkan pemilih, akurasi dalam perhitungan dan efektif dalam penyelenggaraan," ujar Kepala BPPT.



BPPT sebagai lembaga kaji terap teknologi di Indonesia, terus mempersiapkan TIK untuk mendukung pelayanan publik dan pengembangan demokrasi. "Kami juga terus berupaya melakukan perbaikan dari waktu ke waktu dengan memanfaatkan seluruh sumber daya dan sarana secara maksimal dari dalam negeri untuk mewujudkan kemandirian dan kedaulatan bangsa Indonesia," jelas Unggul.



Di tempat yang sama, Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material (TIEM) Hammam Riza, mengatakan tujuan digelarnya acara Dialog Nasional Inovasi TIK 2015 ini guna membahas isu-isu yang berkaitan dengan TIK di Indonesia. Selain itu, juga sebagai wahana untuk berbagi informasi mengenai status kondisi pengembangan dan pemanfaatan TIK dalam menunjang pelayanan publik di Indonesia.



"Penggunaan TIK dalam pelayanan publik guna peningkatan kualitas layanan dan efesiensi kerja pemerintahan. Sebagaimana tercantum dalam RPJMN-3, maka penggunaan TIK dalam pelaksanaan demokrasi merupakan hal yang lebih menantang," kata Hammam.



Perkembangan TIK, tambah Hammam menyebabkan semakin meningkatnya kapasitas, kecepatan pengolahan dan pertukaran informasi serta data digital. Hal tersebut akan berdampak pada meningkatkan risiko keamanan data. Untuk itu BPPT bekerjasama dengan Kominfo dalam Dialog Nasional ini juga akan membahas isu-isu keamanan sistem elektronik, terkait kebijakan, tata kelola, sampai implementasinya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik secara elektronik.



"Saya berharap dari acara Dialog Nasional Inovasi TIK 2015 dapat memberikan manfaat dan berkontribusi dalam pencapaian cita-cita pembangunan nasional yang diwujudkan dalam Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo," tutup Hammam. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id