Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT TAMPILKAN LISAN DAN PERISALAH PADA ASEAN +3 TECHMART VIETNAM

Pada pertengahan bulan September kemarin (17-20 September 2009) di Hanoi Vietnam telah diselenggarakan pameran ASEAN +3 TECHMART VIETNAM oleh Kementerian Riset dan Teknologi Vietnam selaku organisator utama bekerjasama dengan Komite Sains & Teknologi ASEAN-COST (Committee on Science and Technology). Pameran tersebut merupakan acara tahunan yang bertujuan untuk mempromosikan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Vietnam. Kegiatan yang berlangsung sejak 2003 ini pada tahun lalu telah berhasil membukukan kontrak teknologi dengan nilai lebih dari 76 miliar dolar. Teknologi yang dipamerkan meliputi bidang food processing, renewable energy, informasi dan komunikasi, serta Penanggulangan Bencana Alam. BPPT dengan dukungan Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI berpartisipasi sebagai wakil Indonesia dalam ASEAN+3 Techmart yang berlangsung di Exhibition Hall, Fair Centre Hanoi, Vietnam.

Pameran yang bertujuan mempromosikan hasil riset serta memperkuat hubungan antara lembaga riset dengan sektor bisnis dan industri di negara-negera ASEAN ditambah Jepang, China dan Korea Selatan, diikuti sekitar 600 lembaga riset, universitas serta industri dalam negeri Vietnam dan 100 peserta dari negara ASEAN serta Jepang, China dan Korea Selatan. Pada pameran tersebut BPPT menampilkan tiga karya dari 101 Inovasi Indonesia 2009 yaitu LiSan, Perisalah dan SIDoBI. ‚Perisalah‚ adalah Sistem Pengenal Wicara Bahasa Indonesia Untuk Solusi Risalah/Notulensi Rapat Otomatis, adapun ‚LiSan‚ adalah Sistem Pengenal Lisan Wicara Bahasa Indonesia untuk Perintah Komputer dan Penulisan Dokumen dalam OS Linux yang dikembangkan Peneliti dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) BPPT. Sedangkan Sidobi adalah perangkat lunak untuk membuat ikhtisar/ringkasan secara otomatis (automatic summarization) dokumen berbahasa Indonesia menggunakan bahasa PHP dengan memanfaatkan Free/Open Source Software.

Selain tim BPPT juga hadir tim dari Kementerian Negara Riset dan Teknologi RI dengan program IGOS (Indonesia Goes Open Source) dan Herbal Medicine serta satu wakil dari industri kreatif, Nusantara Online yang memperkenalkan game jenis Massively Multiplayer Online Role Playing Game (MMORPG) dengan memakai sejarah Indonesia sebagai latar belakang permainan.

Dalam pameran tersebut stand Indonesia mampu menarik perhatian banyak pengunjung, termasuk dari kalangan periset dan industri. Tampak Menristek Vietnam Mr. Hoang Van Phon bersama rombongan berkunjung langsung dan menanyakan dengan antusias tentang aplikasi LiSan dan Perisalah. VTV (Vietnam TV) yang merupakan stasiun TV milik Pemerintah Vietnam juga menyempatkan untuk meliput Lisan dan Perisalah yang merupakan hasil litbangyasa ICT BPPT. (OR/PTIK)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id