Tel: (021) 316 9534   Email: humas@bppt.go.id

PT INTI DAN BPPT LAKUKAN MOU PENERAPAN DAN KOMERSIALISASI HASIL INOVASI BPPT

‚Mudah-mudahan MoU antara BPPT dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) ini dapat direalisasikan dalam suatu kerjasama dan menjadi pemicu antara lembaga penelitian, pengembangan dan rekayasa (litbangyasa) lainnya dengan industri, untuk melakukan kerjasama serupa,‚ demikian dikatakan oleh Kepala BPPT Marzan A. Iskandar dalam sambutannya pada acara penandatanganan naskah kesepakatan bersama (MoU) antara BPPT dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) di Bandung (3/11).

Marzan mengatakan bahwa bentuk kerjasama tentang Penerapan dan Komersialisasi Hasil Inovasi BPPT seperti ini memang diperlukan oleh lembaga-lembaga litbangyasa seperti BPPT untuk mempromosikan hasil inovasi kepada masyarakat luas sehingga dapat dipergunakan, tentunya hal ini tidak lepas dari peran serta pelaku industri seperti PT INTI.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT INTI (Persero) Irfan Setiaputra mengatakan ‚Kesepakatan ini sangat menarik dan menantang bagi BPPT dan PT INTI karena ini merupakan sesuatu yang baru. Harapan saya dan PT INTI semoga kesepakatan ini bisa diselesaikan dengan baik dari segi komersial dan teknikal‚. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa PT INTI sangat mendukung komersialisasi produk-produk BPPT, sehingga proses inovasi dapat terimplementasi dengan baik dan masyarakat dapat benar-benar menghargai produk dalam negeri.

Selain dilakukan penandatanganan naskah kesepakatan bersama oleh Kepala BPPT dan Direktur Utama PT INTI, dilakukan pula demo siaran TV Digital oleh Kepala Bidang Sistem Komunikasi Multi Media Hary Budiarto. Menurutnya, dengan siaran TV digital, setiap satu kanal yang lebarnya 7-8 MHz bisa dipakai oleh enam program siaran TV, sehingga selain terjadi optimasi frekuensi juga optimasi bandwidth. Siaran TV Digital juga memiliki kelebihan lain seperti dimungkinkannya konten aplikasi yang lebih banyak untuk kemampuan berinteraktif dan pemilik TV digital juga bisa berinternet dengan menggunakan TV digitalnya, tambahnya.

Selain demo TV digital, pada acara tersebut juga dipresentasikan mengenai produk Perisalah oleh Kepala Pusat Sumber Daya Open Source BPPT Oskar Riandi. ‚Perisalah mampu melakukan perekaman suara dalam suatu rapat yang diikuti oleh banyak orang, dan mengubahnya langsung ke dalam teks elektronik serta melakukan peringkasan dokumen. Dengan perisalah maka akan memudahkan proses dan mampu mempercepat dalam membuat risalah rapat elektronik. Perisalah juga telah diusulkan oleh Menteri Riset dan Teknologi kepada Presiden sebagai bagian dari program kerja 100 hari. Targetnya adalah uji coba prototipe pada Januari 2010 dalam rapat atau sidang‚, jelas Oskar. (YRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 9534

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id