Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Bidang Energi, BPPT Rekomendasikan Teknologi Circulating Fluidized Bed (CFB)

Kepala BPPT, Unggul Priyanto memberikan sambutan mengenai pemanfaatan batubara dan biomassa untuk menghasilkan energi dalam acara Workshop Energi di Gd. BPPT, Thamrin, Jakarta. 26-09-2017. (HumasBPPT-SAS)

 

“BPPT sesuai dengan tugas dan fungsinya telah banyak melakukan kajian beberapa teknologi konversi energi yang efisien dan ramah lingkugan. Salah satu teknologi konversi energi yang direkomendasikan adalah teknologi pembakaran circulating fluidized bed (CFB).  Kemampuan CFB ini adalah mengkonversi bahan bakar fosil dan atau bahan bakar biomassa atau limbah padat lainnya dalam menghasilkan energi untuk proses industri maupun listrik,” demikian kata Kepala BPPT Unggul Priyanto pada acara Follow up BPPT Roadmap Workshop on Biomass-Coal-Co-Combution Circulating Fluidized Bed Boiler Utilization di BPPT (26/9).

 

 

Lebih lanjut Unggul mengatakan, BPPT memberikan rekomendasi bahwa pengembangan teknologi CFB yang didesain dapat membakar batubara dan biomassa atau limbah padat secara bersamaan diharapkan menjadi salah satu solusi dalam pemanfaatan biomassa dengan suplai berfluktuasi.  

 

Selain itu menurut Unggul, aplikasi CFB ini dapat membantu menurunkan kuantitas limbah biomassa atau padat lainnya sekaligus penurunan emisi CO2, yang sejalan dengan program pemerintah.

 

Kelebihan CFB lainnya dapat mengadop bahan bakar secara bervariasi, efisien dalam pembakaran dan lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi kandungan polutan. Kemampuan teknologi CFB ini dalam co-firing batubara dan biomassa/limbah padat dibutuhkan sebagai solusi dalam mengatasi suplai sumber EBT biomassa atau limbah padat yang cenderung berfluktuasi, jelas Unggul.

 

Sementara, Kepala Balai Besar Teknologi Energi (B2TE) BPPT Andika Pratawa menuturkan bahwa, tantangan dalam pemanfaatan biomassa atau limbah padat terutama limbah pertanian adalah suplai yang berfluktuasi karena bergantung musim panen maupun cuaca.  Selain itu, biomassa memiliki densitas fisik yang lebih rendah dari bahan bakar batu bara atau energi fosil lain.

 

Adapun tujuan dari pelaksanaan workshop ini menurut Andika adalah untuk  mengenalkan pemanfaatan teknologi konversi energi yang ramah lingkungan sesuai UU no 30 Th 2007 dengan teknologi pembakaran circulating fluidized bed yang memanfaatkan batubara dan biomassa atau limbah padat secara bersamaan.

 

Diharapkan para Perusahaan penyedia layanan pembangkit energi dan Kementerian terkait,  menjadi lebih dapat mengembangkan kembali teknologi Boiler CFB yang memanfaatkan Bahan bakar Biomassa dan batubara Indonesia, tuturnya. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id