Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Gunakan Material Komposit, Pintu Air Buatan BPPT Juga Gunakan Sistem Mekanik

Ada sistem pintu air yang sudah diterapkan di Pemda Pekalongan yang mencerminkan sistem mekanik, artinya tidak memerlukan energi sehingga biaya pemeliharaan bisa lebih murah dan sistem ini tidak mahal karena berbahan dasar dari material komposit, kata Hendro Sat Setijo Tomo Manager Penelitian di Balai Teknologi Polimer BPPT saat kunjungan Lembaga Pusat Unggulan Iptek (PUI) ke Balai Teknologi Polimer BPPT, Puspiptek Serpong (07/02).

 

 

Kunjungan  tersebut selain menjalin sinergi seperti pengembangan riset sehinga penelitian dapat optimal kedepan juga mempublikasikan hasil kegiatan inovasi pengembangan pintu air komposit otomatis tanpa penggerak motor. 

 

Dikatakan Hendro, ada beberapa keunggulan pintu air berbahan komposit dibandingkan pintu air berbahan besi, baja muapun fiber. Selain akan terhindar dari korosi, pintu air komposit akan lebih ringan, lebih mudah dioperasikan, lebih murah  serta memiliki waktu pengoperasian sekitar 10 tahun

 

 

Menurut Hendro, kota Pekalongan menjadi daerah pertama yang menerapkan sistem pintu air komposit karenanya mereka sangat mengapresiasi.

 

Dengan sistem pintu air komposit ini, mereka bisa mengantisipasi banjir rob dan diharapkan dapat diterapkan di tempat lainnya yang selama ini kena banjir rob maupun banjir yang dilimpahkan, jelas Hendro. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id