Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT Gelar FGD, Bahas Tantangan Dan Peluang Inovasi Teknologi Material

Dalam rangkaian kegiatan Kongres Teknologi Nasional (KTN) 2018 yang akan  dilaksanakan  pada Juli 2018  serta  menindaklanjuti  hasil FGD sebelumnya, kami telah memfokuskan pada enam sektor industri prioritas untuk melihat secara objektif urgensi pengembangan teknologi material untuk melakukan substitusi impor, pengolahan sumber daya alam dan inovasi produk,

Dikatakan Deputi Bidang Teknologi Informasi Energi dan Material (TIEM) BPPT Eniya Listiani Dewi pada acara FGD dalam rangka Kongres Teknologi Nasional 2018 tentang Tantangan dan Peluang Inovasi Teknologi Material untuk meningkatkan Daya Saing dan Kemandirian Bangsa di BPPT (18/04).

 

 

Menurut Eniya dari hasil kajian awal, dominan ditemukan permasalahan pada teknik pemrosesan material, penyediaan material permesinan dan komponen, pengembangan produk baru, dan masalah standarisasi serta sertifikasi produk. Hal ini sejatinya merupakan dampak dari belum berkembangnya inovasi yang mendukung penguatan perekonomian nasional.

 

Inovasi sebagai implementasi nyata atau pengembangan dari suatu invensi atau gabungan dari beberapa invensi pada produk atau proses yang memberikan nilai tambah dan kemanfaatan ekonomi dan sosial memerlukan sinergi dan dukungan stakeholder terkait baik dari lembaga IPTEK, kementerian teknis, dan industri, papar Eniya.

 

Secara teknis, ruang lingkup inovasi sangat luas yang meliputi penguatan daya saing industri melalui reformasi teknologi, pengembangan industri baru melalui rekayasa teknologi, dan pengembangan teknologi produksi yang memperhatikan lingkungan. Untuk itu, perlu dikaji bagaimana kebijakan atau insentif dari pemerintah dapat menggairahkan proses hilirisasi hasil riset ke dunia industri, kesiapan infrastruktur untuk standarisasi dan sertifikasi produk, serta komponen-komponen lain yang mendukung terbangunnya ekosistem inovasi terutama di bidang teknologi material, tutup Eniya (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id