• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Baron Techno Festival, Upaya BPPT Diseminasikan Teknologi Energi Baru Terbarukan Kepada Masyarakat (II)

BPPT kembali gelar Baron Techno Festival dalam rangka memperkenalkan inovasi teknologi khususnya energi baru terbarukan kepada pelajar, mahasiswa, dan masyarakat di area Baron Techno park BPPT, Gunung Kidul, Sabtu (16/11).

 

Kepala Balai Besar Teknologi Konversi Energi (B2TKE) BPPT, Sarinanto, mengungkapkan Baron Techno Festival kali ini merupakan event yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2017 lalu.

 

“Festival kali ini akan berlangsung selama dua hari, dimulai tanggal 16 hingga esok 17 November 2019. Melihat animo peserta dan pengunjung yang marak seperti ini, Kami makin bersemangat untuk mengupayakan Baron Techno Festival untuk menjadi ajang tahunan,” ungkap Sarinanto.

 

Dirinya melanjutkan festival ini akan diikuti banyak entitas acara, diantaranya science techno camp, pelatihan energi baru terbarukan untuk tingkat Sekolah Menengah Atas, kompetisi masak, pameran kerajinan dan kuliner dari Dinas UMKM Yogyakarta, serta lomba-lomba yang ditujukan kepada para pengunjung baik dari tingkat TK hingga SMA.

 

“Padatnya kegiatan ini kami manfaatkan dengan menggunakan seluruh area fasilitas di Baron Techno Park. Ini dalam rangka memperkenalkan satu per satu fasilitas yang kami miliki. Jadi masyarakat bisa mengikuti kegiatan festival serta mengetahui teknologi energi baru terbarukan yang ada,” terangnya.

 

Kepala B2TKE BPPT ini pun juga mengatakan bahwa dalam festival kali ini, BPPT juga melaksanakan penandatangan dokumen kerjasama (LoI) dengan PT Visi Mata Bima Perkasa dalam pengembangan wahana techno park ini kedepannya.

 

“Ini pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir, BPPT membuka kemitraan untuk badan usaha, universitas, bahkan pemerintah daerah dalam hal pengembangan Baron Techno Park,” tutur Sarinanto.

 

Dirinya melanjutkan bahwa Kawasan Baron Techno Park ini belum dialiri listrik oleh PT PLN, sehingga teknologi energi baru terbarukan yang ada disini merupakan satu-satunya sumber energi listirk untuk memenuhi segala kebutuhan operasional disini.

 

“BPPT disini telah membuktikan pemanfaatan teknologi energi baru terbarukan untuk kebutuhan operasional sebesar technopark. Ini juga bisa menjadi contoh untuk pulau yang belum teraliri listrik PLN,” ungkap kepala B2TKE BPPT.

 

Menariknya, menurut Sarinanto, Baron bisa menjadi tempat pembelajaran, atau simulasi pulau kecil yang ada di Indonesia, karena karakteristiknya baik itu iklim, cuaca, dan topografinya hampir meyerupai pulau tersebut yang biasanya belum ada akses listrik.

 

“Kita semua berharap dapat membangun Baron Techno Park sebagai kekuatan Yogyakarta untuk Indonesia, baik sebagai tempat edukasi maupun sebagai kawasan wisata yang pada akhirnya mampu meningkatkan ekonomi daerah Yogyakarta dan sekitar,” pungkas Sarinanto.


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT