Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

E-GOVERNMENT SERVICES PROVIDER BAGI INSTANSI PEMERINTAH

‚Balai Jaringan Informasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEKnet) BPPT merupakan penyedia jaringan bagi instansi pemerintah yang bertujuan untuk menciptakan efisiensi dalam penggunaan jaringan infrastruktur pemerintah‚, kata Kepala Balai IPTEKnet BPPT, Dwi Handoko dalam sambutannya pada acara E-Government Service Provider dan Temu Pelanggan IPTEKnet 2010, kemarin (7/10).

Lebih lanjut dikatakan Dwi, acara tersebut diselenggarakan IPTEKnet untuk memperkenalkan hasil pengembangan kerekayasaan teknologi kepada para pelanggan, yakni E-Government Box dan IPTEKnet Certification Authority untuk pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di instansi pemerintah. ‚Instruksi Presiden No 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan E-government, telah mendorong diterapkannya TIK di kalangan pemerintah‚, imbuhnya.

Acara temu pelanggan dihadiri oleh beberapa mitra IPTEKnet, diantaranya yakni Badan Standardisasi Nasional, Lembaga Sandi Negara dan Sekretariat Kabinet.

Menurut Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi, Hammam Riza, IPTEKnet tidak hanya menyediakan layanan jaringan, tapi menjadi layanan pemerintah melalui jaringan. ‚Dengan pelanggan yang ada saat ini, IPTEKnet akan terus meningkatkan kapasitas pelayanan agar menjadi lebih efisien‚, jelas Hammam.

‚Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyewa infrastruktur jaringan pemerintah‚, kata Deputi Bidang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi, Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), Himawan Adinegoro. ‚Pertama yakni perihal efisiensi waktu, tenaga dan biaya. Kedua adalah jenis kegiatan yang multi years, atau dapat digunakan berulang. Poin ketiga adalah agar infrastruktur jaringan pemerintah yang baru relatif tidak mengubah konfigurasi dan infrastruktur jaringan yang sudah ada. Terakhir adalah terjaminnya kerahasiaan data pemerintah‚, ungkap Himawan lanjut.

E-Government Box dan IPTEKnet Certification Authority

Dalam paparannya, Kepala Seksi Layanan Jasa IPTEKnet, Guntur Haryanto mengatakan bahwa agar terselengaranya tata kelola TIK yang aman dan handal diperlukan infrastruktur dan pengelolaan TIK yang secure dan efisien.

E-government box merupakan sebuah minirack yang terdiri dari beberapa peralatan seperti server, switch dan UPS, untuk membangun sistem intranet dan internet, dengan cakupan small office dan home office yang dibutuhkan oleh Instansi Pusat maupun Daerah. Kelebihan dari e-government box antara lain instalasi yang mudah, tidak membutuhkan belanja modal peralatan, zero configuration, biaya operasional yang ringan, backup system secara rutin dan support mobile access. Sedangkan IPTEKnet CA, merupakan layanan yang dikembangkan oleh Ipteknet yang terdiri dari layanan secure webmail, LPSE online, dan transaksi online‚, jelas Guntur. (YRA/humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id