• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

DUKUNG PEMILUKADA BANDA ACEH 2011, BPPT ADAKAN SIMULASI E-VOTING

Terkait dengan akan dilaksanakannya pemilukada untuk Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh, BPPT melakukan simulasi dan sosialisasi tata cara e-voting kepada masyarakat di Banda Aceh, Senin (14/03)

"Di beberapa negara maju dan berkembang, teknologi e-voting telah banyak digunakan. Karena e-voting dapat membantu mempercepat proses pengambilan dan penghitungan suara serta mengurangi resiko kesalahan dalam prosesnya, jelas Deputi Kepala BPPT Bidang Teknologi Informasi, Energi dan Material, Unggul Priyanto saat pembukaan Forum Diskusi dan Simulasi E-voting.

Sasaran kegiatan kali ini, lanjutnya, adalah sebagai sarana penjajakan kemungkinan pemanfaatan teknologi e-voting dan e-counting untuk proses pemilihan umum 2014 mendatang. Selain itu, melalui simulasi ini dapat diketahui sejauh mana kesiapan penyelenggara pemilu baik pusat maupun daerah, serta masyarakat dalam melaksanakan Pemilihan Umum Walikota dan Wakil Walikota Banda Aceh 2014.

Disinilah peran BPPT, sebagai salah satu lembaga pemerintah, dalam melakukan peran intermediasi antara pihak industri teknologi e-voting dengan penyelenggara dan pengawas kegiatan e-voting,' imbuh Unggul.

Walikota Banda Aceh, Mawardy Nurdin, dalam sambutannya mengatakan bahwa terdapat beberapa manfaat dalam penerapan e-voting. Misalnya adalah aspek tingkat akurasi data, keamanan data yang tinggi, dapat di auditnya sistem, serta kehandalan performa yang sesuai dengan Azaz Pemilu, terangnya.

Senada dengan Unggul, Mawardi juga mengatakan dengan adanya simulasi e-voting seperti ini, untuk menjajaki kemungkinan serta tantangan yang mungkin terjadi, sekaligus juga melihat kesiapan penyelanggara dan masyarakat melaksanakan e-voting. Dari situ baru kita dapat mengusulkan alih teknologi serta reformasi untuk meningkatkan prosedur pemilihan umum, tambahnya.

Dihari yang sama, dilakukan pula diskusi panel yang menghadirkan beberapa narasumber yang kompeten dalam e-voting dan pemilihan umum, diantaranya Direktur Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi BPPT, Hammam Riza, Ketua Bawaslu Eka Cahya Widodo, Anggota KPU Endang Sulastri serta perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, Husni Fahmi dan Hamam Wira. (SYRA/humas)




Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT