• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT SEGERA LAKUKAN OPERASI TMC ATASI BANJIR DI BOJONEGORO DAN ANCAMAN BANJIR LAHAR DINGIN GUNUNG MERAPI

Unit Pelayan Teknis Hujan Buatan (UPTHB) BPPT , secara resmi mengakhiri Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) hari ini , Rabu (27/2). Operasi TMC ini, telah berlangsung sejak 26 Januari 2013 lalu dengan wilayah cakupan Jabodetabek.

Secara simbolis, kegiatan TMC dari Posko Halim Perdana Kusuma ditutup dengan acara doa bersama. Kepala Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan (UPTHB) BPPT, Heru Widodo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI Angkatan Udara, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dan segenap jajaran di lingkungan Halim Perdana Kusuma yang telah mendukung penuh operasi TMC di wilayah DKI Jakarta.

Menurut Kepala Bidang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan yang juga bertindak selaku Koordinator Lapangan TMC, Tri Handoko Seto, selama 33 hari kegiatan tersebut total telah dilakukan 66 sorti penerbangan penyemaian dengan rincian 44 sorti penerbangan menggunakan pesawat Hercules  dan 22 sorti penerbangan menggunakan CASA. Tim teknis telah menabur garam sebanyak 201,8 ton. Hal ini menurut Seto, merupakan upaya BPPT untuk menekan curah hujan di Jakarta, sehingga Jakarta tidak lagi mengalami banjir. “Gubernur DKI Jakarta memandatkan kepada kami untuk menjaga  Jakarta, tidak lagi tenggelam saat puncak musim hujan,” ucapnya.

Selain dari udara, Operasi TMC juga menyemai awan dari darat dengan menggunakan GBG (Ground Base Generator)  yang terpasang dalam wilayah Jabodetabek, memanjang dari daerah hulu (selatan) hingga hilir (utara). Total selama operasi telah dibakar 486 batang flare dari 14 lokasi GBG sistem flare dan  GBG sistem larutan di 9 lokasi masing-masing selama 158 jam (selama 25 hari). Hal tersebut dimaksudkan untuk mengganggu pertumbuhan awan hujan di dalam wilayah Jabodetabek.

“Terakhir, kemarin kami menyebar lima ton garam menggunakan pesawat Hercules di sebelah utara Teluk Pelabuhan Ratu,” tambah Seto.

Kegiatan TMC yang telah dilakukan sejauh ini dinilai cukup berhasil mengurangi curah hujan dan resiko kejadian banjir di wilayah DKI Jakarta. Dalam Rapat Dengar Pendapat di depan Komisi 7 DPR kemarin, Rabu (27/2), Kepala BPPT, Marzan A. Iskandar menerima apresiasi dan ucapan terimakasih dari DPR atas upaya pencegahan banjir di wilayah DKI Jakarta dengan teknologi ini.

Operasi TMC ini merupakan hasil kerjasama kerjasama BPPT dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta didukung penuh oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan BMKG.

Rambah Daerah

Setelah dinilai sukses dan cukup berhasil di Jakarta, BNPB meminta kepada BPPT agar kegiatan TMC dipindahkan ke lokasi lain yang saat ini dinilai lebih membutuhkan upaya serupa. Menurut Tri Budiarto, Direktur Tanggap Darurat BNPB, kejadian banjir di Bojonegoro dan ancaman banjir lahar dingin di lereng Gunung Merapi saat ini lebih membutuhkan TMC dilihat dari skala prioritas resiko dan potensi bencananya.

“Operasi TMC di Bojonegoro dan Merapi nanti akan dilakukan dari Posko di Bandara/Lanud Adi Sumarmo, Solo. Saat ini mobilisasi personil dan peralatan ke Solo sudah dilakukan. Rencananya, operasi TMC di Solo akan dibuka secara resmi hari Minggu (3/3) besok,” ungkap Seto.

Operasi TMC Jawa Tengah, menurut rencana akan dilaksanakan selama kurang lebih satu bulan. Sedangkan untuk pengerjaan, juga akan menggunkan pesawat Hercules dan Cassa.

Tri menerangkan, untuk melakukan operasi TMC di Jawa Tengah, tim telah membawa seluruh perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan.  Untuk penyemaian awan, tim TMC telah menyiapkan sebanyak 200 ton garam.

“Detil pengerjaannya secara teknis sama dengan apa yang kami lakukan di Jakarta,” imbuhnya. (SYRA/humas)

 

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT