Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

UPT Hujan Buatan Modifikasi Cuaca DKI Jakarta (II)

Sebagai langkah antisipasi untuk mencegah banjir akibat curah hujan yang tinggi  di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerjasama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) mulai  Sabtu lalu, melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC)  di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. "TMC umumnya diaplikasikan untuk menambah curah hujan dalam skema pengelolaan sumberdaya air di suatu wilayah dalam konteks mitigasi bencana kekeringan", ungkap Kepala UPTHB BPPT Heru Widodo," kala memberikan penjelasan  operasi perdana redistribusi curah hujan untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Lebih lanjut Heru menjelaskan bahwa TMC juga bisa digunakan untuk mengurangi curah hujan yang berlebih yang mengakibatkan banjir. Untuk kasus Jakarta, banjir terjadi ketika terjadi hujan dengan intensitas yang tinggi di Daerah Aliran Sungai (DAS) yang melingkupi Jakarta. Kepala BNPB Syamsul Maarif yang juga hadir mengapresiasi apa yang dilakukan BPPT. "Dengan menggunakan TMC yang dimiliki BPPT, yakni teknologi untuk pengurangan resiko banjir, ini merupakan teknologi karya anak bangsa".

Pada hari ketiga pelaksanaannya, (15/1), Tri Handoko Seto, Kepala Bidang Pengkajian Penerapan Teknologi Pembuatan Hujan yang juga menjadi Koordinator Lapangan pelaksanaan Operasi mengatakan bahwa telah dilakukan 1 sorti penerbangan dengan menggunakan pesawat Hercules A-1328.  “Penerbangan dilakukan pada pukul 10.10-12.05 WIB dengan target penyemaian pada awan Cumulus yang berada di pesisir pantai Banten, Muarabinuangeun, Malimping, Bojonghaur dan Cikotok, menghabiskan 3600kg bahan semai,” terangnya.

Sementara itu mengenai informasi hujan, Seto menuturkan pada 16 Januari kemarin terjadi hujan ringan di daerah Posmet Jasinga, gerimis di Posmet Cikarang dan gerimis halus di Posmet Cariu dan Posmet Citeko. (SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id