Tel: (021) 316 9534   Email: humas@bppt.go.id

UPT Hujan Buatan BPPT Paparkan Cara Kerja Teknologi Modifikasi Cuaca Kepada Siswa SMA Islam Al-Azhar 2

Biro Umum dan Humas bekerjasama dengan UPT Hujan Buatan BPPT menerima kunjungan 70 siswa SMA Islam Al-Azhar 2 Jakarta Selatan, Kelas 10 Jurusan IPA.  Kunjungan ini merupakan bagian dari program sekolah "Outing Class SMA Islam Al-Azhar" untuk mengetahui cara kerja dari kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC).



Kala memberikan paparan, Findy Renggono, dari Kelompok Fisika Awan UPT Hujan Buatan BPPT, memaparkan bahwa TMC adalah usaha campur tangan manusia dalam pengendalian sumberdaya air di atsmosfer untuk menambah curah hujan dan mengurangi intensitas curah hujan pada daerah tertentu untuk meminimalkan bencana alam yang disebabkan oleh iklim dan cuaca dengan memanfaatkan parameter cuaca.

"Aplikasi TMC biasanya digunakan untuk migitasi bencana, seperti menambah curah hujan, penipisan asap dan kebakaran lahan dan hutan, serta mengurangi intesitas curah hujan. Contohnya adalah dalam operasi pencegahan hujan di DKI Jakarta dan pengurangan asap di kebakaran hutan di Riau yang dilakukan pada hari ini," kata Findy.

Di acara ini para siswa sangat tertarik dengan cara kerja dari TMC, terutama pada kegiatan TMC dalam melakukan redistribusi banjir di wilayah DKI Jakarta. Kepala Seksi Pengelolaan Data UPT Hujan Buatan, Budi Harsoyo menjelaskan, bahwa UPT Hujan Buatan BPPT sudah bekerja semaksimal mungkin untuk mengurangi hujan di wilayah DKI Jakarta.

"Namun, curah hujan di wilayah DKI Jakarta pada awal tahun ini sangat tinggi dan kami sangat kecolongan dengan hujan yang jatuh pada malam dan dini hari. Kami terus berupaya untuk memiliki teknologi untuk mengendalikan hujan yang terjadi pada malam hari, karena hingga kini masih ada kendala dengan pesawat yang terbang pada malam hari," tutup Budi. (tw/SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 9534

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id