Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

C 295 TNI AU Siap Dukung Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca

Puncak musim penghujan belumlah tiba, namun rangkaian bencana banjir sudah mulai menghantui warga ibukota. Hujan deras yang mulai mengguyur wilayah DKI Jakarta, perlu ditindaklanjuti oleh rekayasa cuaca. Redistribusi curah hujan perlu segera dilakukan.

 

Menatap hal tersebut, UPT Hujan Buatan BPPT terus berbenah dan siap siaga apabila dipercaya kembali untuk melakukan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk mengurangi curah hujan di wilayah ibukota.

 

Kepala UPT Hujan Buatan BPPT, F. Heru Widodo mengatakan bahwa eskalasi bencana akibat perkembangan iklim saat ini terbilang tinggi. "Ini baru awal musim penghujan bagaimana nanti di puncak musim penghujan seperti bulan Januari," ungkapnya saat paparan di Sathar 14 TNI AU, Lanud Husein Sastranegara, Bandung (26/11).

 

Pada acara yang bertajuk Uji Coba Sistem Dinamis dan Statis Console TMC di Pesawat C 295 ini juga Heru terus mengingatkan berbagai kendala yang dihadapi operasi TMC. "Kami masih sangat kekurangan pesawat, peralatan terbang untuk operasi malam hari juga belum dimiliki. Padahal intensitas hujan kerap terjadi malam hari," keluhnya.

 

Heru selanjutnya mengharapkan supaya kebutuhan peralatan TMC khususnya pesawat dan console TMC semakin bertambah. "TMC butuh tambahan peralatan agar semakin siap menanggulangi bencana di Indonesia," pungkasnya. (tw/SYRA/Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id