Tel: (021) 316 9534   Email: humas@bppt.go.id

BPPT GELAR PELATIHAN BUDIDAYA RUMPUT LAUT DI PENAJAM PASER UTARA

Badan Pengkajian dan Penerepan Teknologi (BPPT), bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Penajam, Kalimantan Timur, menggelar pelatihan budidaya rumput laut dan pengolahan pascapanen. Selama 3 hari lalu BPPT telah mendampingi dan memberikan pelatihan terhadap 150 orang petani rumput laut (13 Kelompok Tani Rumput Laut) di Kabupaten Penajam Paser utara (PPU), sebagai tindak lanjut program National Maritime Science and Techno Park dalam mengembangkan potensi kelautan yang dimiliki Kabupaten PPU.
 
"Pelatihan yang telah berlangsung selama beberapa hari ini, merupakan tindak lanjut kerjasama BPPT dengan Pemkab Kabupaten PPU, dikatakan  Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten PPU Ahmad Usman dalam sambutanya pada Pelatihan Budidaya dan Pascapanen Rumput Laut di Desa Api api PPU, (29/05)".
 
Lebih lanjut Usman, mengatakan dalam pelatihan ini para petani tani rumput laut diberikan pelatihan penanganan pola tanam dan teknik pengolahan setelah panen rumput laut serta berbagai kegiatan pembinaan lainnya.
 
Potensi rumput laut yang dimiliki desa Api-api Kabupaten PPU memiliki luasan lahan tanam rumput laut sangat luas, bila dikelola dengan baik tentu ini akan mendatangkan minat para investor, tambah Usman.
 
"Usman berharap melalui pelatihan tersebut, dapat menambah wawasan para petani rumput laut, sehingga dapat membawa perubahan bagi masyarakat di wilayah Penajam Paser Utara, karena peserta pelatihan mendapatkan ilmu untuk meningkatkan produktivitas. Dia pun berharap pelatihan yang diberikan BPPT dapat berjalan berkelanjutan, tidak hanya kali ini saja agar para kelompok tani lebih dapat mandiri”.
 
Kami apresiasi apa yang telah dilakukan BPPT dalam memberikan pelatihan, kerena terlihat antusias para kelompok tani rumput laut yang semangat saat mengikuti pelatihan ini, tutup Usman.
 
Sekretaris Utama BPPT Soni Solistia Wirawan, mengatakan "kami mengapresiasi tim BPPT yang telah bekerja memberikan pendampingan pelatihan budidaya rumput laut dan pengolahan pascapanen sebagai wujud keseriusan BPPT dalam mendukung National Maritime Science and Techno Park di Kabupaten Penajam Paser Utara, dikatakan Soni saat menutup acara pelatihan tersebut".
 
Lebih lanjut Soni, mengatakan dengan sentuhan teknologi yang kami miliki, kami berharap dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas dari produk yang secara business as usual apa yang kita lakukan sekarang.
 
“Dengan sentuhan-sentuhan teknologi bagian terkecil proses pengelolaan budidaya rumput laut dapat menghasilkan manfaat yang lebih. Soni memberikan contoh seperti pengeringan rumput laut yang tadinya menggunakan terpal saja, dengan sentuhan teknologi sederhan dengan menggunakan simpul jaring, kotoran dapat turun kebawah, sirkulasi uap panas udara lebih maksimal”.
 
“Tugas BPPT dalam hal ini kami akan memberikan sentuhan teknologi yang out put nya dapat meningkatkan poduktivitas rumput laut. Diharapkan pelatihan ini dapat menambah wawasan para petani rumput laut, sehingga dapat membawa perubahan bagi masyarakat di wilayah Penajam Paser Utara, karena peserta pelatihan mendapatkan ilmu untuk meningkatkan produktivitas, tutup Soni”.
 
Sementara itu, menurut Rusdan dari kelompok tani rumput laut Bahari Rumput Laut yang mengikuti pelatihan tersebut mengatakan, “dengan adanya pelatihan ini, kami sangat terbantu sekali, kerena sebelumnya kami disini tidak mendapatkan ilmu yang baik bagaimana cara budidaya rumput laut yang baik, seperti proses pemilhan bibit dan prosesnya”.  
 

Peserta lain Sahrul dari kelompok tani rumput laut Berkat Usaha mengatakan, “dengan adanya pembinaan yang didampingi BPPT, kami kelompok tani rumput laut yang tidak berpengalaman sangat terbantu dengan adanya pelatihan ini”. Potensi rumput laut yang ada di PPU yang berlimpah tentu dapat dimaksimalkan dengan baik apabila dikelola dengan baik. Untuk itu dia berharap  pembinaan yang diberikan oleh BPPT kedepan dapat dilanjutkan. (Humas)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 9534

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id