Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

Manfaatkan Teknologi untuk Pengembangan Sumberdaya Alam

Kedeputian Teknologi Pengembangan dan Sumber daya Alam (TPSA) BPPT memiliki potensi untuk memetakan seluruh sumber daya yang dimiliki oleh negeri ini. Mulai dari sumber manusianya yang handal, sampai pada kemampuan peralatan penunjang yang dipakai dalam setiap kegiatan. Pendapat tersebut dikemukaan Kepala BPPT, Unggul Priyanto saat membuka acara Pra Raker Kedeputian TPSA di Gedung Cakrawala, Geostech, Puspiptek Tangsel (26/01).


Unggul menambahkan, semua sumber daya yang dimiliki oleh negeri ini dapat dikembangkan dan dimanfaatkan secara maksimal bagi kesejahteraan bangsa, salah satunya adalah potensi sumber daya air. "Air sangat dibutuhkan dalam kehidupan manusia, namun juga bisa menjadi sumber bencana apabila tidak dikelola dengan baik," ucapnya.

Sebagai informasi, Kedeputian TPSA memiliki beberapa unit teknis yang masing-masing memiliki tugas, pokok dan fungsi yang berbeda. Balai Teknologi Sumber Daya Kelautan (Teksurla) memiliki tugas untuk memetakan seluruh potensi bahari yang ada di Indonesia. Sementara Balai Teknologi Lingkungan dan Limbah (BTLL) mempunyai tugas melakukan layanan teknologi terkait pengelolaan lingkungan, air dan limbah. Sedangkan Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca (BBTMC) berperan besar dalam upaya memodifikasi cuaca yang secara langsung sangat terkait dengan penanggulangan banjir.

"Saat ini BBTMC tengah mengadakan Kegiatan IOP (Intensive Observation Period). Kegiatan ini sangat penting dalam upaya mengetahui faktor-faktor penyebab banjir yang sering melanda Ibukota Indonesia. Saya berharap Kedeputian TPSA dapat senantiasa memberikan yang terbaik bagi bangsa. Kiprah teman-teman dalam melakukan inovasi dan layanan teknologi sangat ditunggu masyarakat Indonesia," pungkas Unggul. (Humas/HMP)

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id