• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Inovasi BPPT ini Siap Rekayasa Air Hujan Menjadi Air Siap Minum

 
 
Hujan yang terus mengguyur Jabodetabek apabila air nya dikelola sebagai sumber air, tentu dapat menjadi manfaat. Diungkap Direktur Pusat Teknologi Lingkungan (PTL-BPPT), Rudi Nugroho, air hujan memiliki unsur keasaman yang tidak begitu tinggi, dapat diolah untuk menjadi air bersih, bahkan untuk dikonsumsi menjadi air siap minum.
 
 
"Air hujan ini apabila ditampung juga dapat menjadi sumber air bersih pada musim kemarau nantinya. Hal ini kami lakukan di beberapa tempat seperti di Pandeglang, Banten," kata Rudi saat diwawancara oleh TV One di Laboratorium PTL - Geostech, Puspiptek Serpong, (3/4).
 
 
Rudi juga menuturkan, alat pengolah air inovasi BPPT ini dapat diaplikasikan di daerah yang terkena bencana banjir. Menurut Rudi, alat ini mampu menghasilkan air setara dengan 2000 Liter per jam nya.   Jika diasumsikan untuk kebutuhan korban banjir yakni 50 Liter per orang, lalu alat ini digunakan selama 10 jam akan menghasilkan air bersih sebanyak 20.000 Liter.
 
 
"Maka alat ini dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk 400 orang perhari nya," ungkap Rudi.
 
 
Lebih lanjut dikatakan Rudi, Teknologi ini diharapkan dapat menjadi solusi permasalahan ketersediaan air yang layak dan bersih bagi daerah yang terpapar bencana banjir di Indonesia.
 
 
Rudi juga menegaskan bahwa BPPT terus mengembangkan berbagai teknologi untuk memberikan solusi peningkatan akses air minum. 
 
"Saat ini kami terus kembangkan teknologi Biofiltrasi dan Ultrafiltrasi untuk perbaikan kualitas air baku PDAM, BPPT juga mengkaji terap teknologi online monitoring untuk pengendalian pencemaran air baku, teknologi daur ulang air limbah untuk substitusi kebutuhan air bersih, serta teknologi pengolahan air gambut maupun air payau/asin untuk masyarakat terpencil serta daerah perbatasan," pungkasnya. (Humas/HMP)
 
 
Ed. SP

Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT