• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

BPPT Gelar Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca di  Sumatera Utara

 
 
Kepala BPPT saksikan penandatangan kontrak pekerjaan jasa Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), antara Kepala Balai Besar TMC (BBTMC BPPT) dan Dirut Perum Jasa Tirta I, Sumatera Utara,(19/7).
 
 
Dikatakan Kepala BPPT Unggul Priyanto bahwa kerjasama ini terkait pekerjaan jasa teknologi modifikasi cuaca di daerah tangkapan air Danau Toba (DAS Asahan) Provinsi Sumatera Utara.
 
 
Fenomena ~El Nino~ atau kemarau panjang,  diramalkan akan terjadi tahun ini dan akan berdampak ke seluruh wilayah di Indonesia termasuk wilayah Toba Asahan Sumatera Utara. Laporan dari Badan Meteorologi,  Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa awal musim kemarau akan terjadi pada bulan Mei dan Juni untuk wilayah Sumatera.
 
 
"Untuk itu perlu dilakukan upaya mempertahankan peranan Sungai Asahan yang besar di wilayah Toba Asahan mengingat peranannya atas pemenuhan kebutuhan sehari-hari, irigasi pertanian rakyat seluas 36.162 hektar, pembangkit energi listrik 7,2 Mkwh/tahun dan pariwisata dari kerentanan atas kekeringan yang diramalkan akan terjadi," ungkap Kepala BPPT.
 
 
Sementara Perum Jasa Tirta I melihat bahwa kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dapat menjadi solusi atas permasalahan yang ada karena mampu menambah ketersediaan air danau sebagai persediaan sebagai untuk menghadapi musim kemarau. 
 
 
"Kegiatan tersebut dapat meningkatkan elevasi Danau Toba sebagai daerah tangkapan hujan untuk menjaga ketahanan pangan dan energi sebagai salah satu upaya menghadapi fenomena alam ~El Nino~ ataupun kemarau panjang tahun 2017 ini," kata Dirut PJT I.
 
 
Kepala BBTMC BPPT, Tri Handoko Seto menyebut bahwa kegiatan ini secara khususbdipilih untuk melakukan pengembangan sumberdaya air wilayah sungai dengan meningkatkan kemampuan yang dimiliki dari sisi penyedia air baku, kegiatan pertanian, industri, ketenagakerjaan dan lain-lain.
 
 
"Operasi TMC ini sebagai upaya untuk pengembangan fungsi dan manfaat hujan," tutup Seto (Humas/HMP)
 

Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT