Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT dan Jepang Gelar Workshop, Kaji Teluk Jakarta

 
 
 
Balai Teknologi Survey Kelautan (Teksurla-BPPT),  Universitas Ehime Jepang dan  Institut Riset Kelautan dan Dataran Rendah Universitas Saga Jepang, bekerjasama dengan JSPS core to core RENSEA program, menyelenggarakan Workshop Bersama tentang Lingkungan Kelautan Teluk Jakarta, Jejaring Ilmiah untuk Kajian Lingkungan. Workshop ini sebagian didukung oleh CMES dan ILMR melalui riset polusi lingkungan  dan akademisi terkemuka di bidang kelautan (LaMer), proyek (CMES) dan bantuan hibah  JSPS untuk riset ilmiah KAKENHI (06/03/18), di Ruang Komisi BPPT Thamrin.
 
“Acara ini adalah salah satu kegiatan bersama dengan Jepang, menindaklanjuti MoU BPPT dengan Ehime University pada tahun 2001 dan akan terus diperbaharui. Tahun lalu BPPT melakukan penelitian bersama terkait dengan dinamika hipoksia di Teluk Jakarta, acara ini adalah hasil sementara atau progress report yang akan disampaikan ke Komunitas scientist / peneliti untuk mendapatkan sharing informasi untuk membangun penelitian ini menjadi lebih sempurna. “ Ujar Agus Sudaryanto dalam laporannya.
 
Ditambahkan lagi bahwa saat ini BPPT terus memperkuat kapasitas dan output tentang kajian publikasi ilmiah terkait dengan penelitian yang saat ini difokuskan ditahun 2017-2018 tentang lingkungan Teluk Jakarta.
 
"Hal ini dilakukan juga dengan melibatkan para mahasiswa untuk mampu berkontibusi untuk menghasilkan kebijakan nasional terkait dengan teluk Jakarta,“ tutup Agus.
 
Sementara itu Yudi Anantasena yang mewakili Deputi TPSA menyebutkan, perkembangan kawasan kota atau Jakarta telah menyebabkan masalah lingkungan, yang melibatkan pencemaran perairan pesisir, degradasi habitat, dan dampak buruk ekosistem pantai di teluk jakarta. 
 
"Permasalahan evironmental ini disebabkan oleh beberapa faktor termasuk masalah bahan organik dan nutrisi dari kota besar, perkembangan kawasan pesisir terlalu banyak digunakan untuk penangkapan ikan komersial," jelasnya.
 
Workshop ini katanya, bertujuan untuk sharing berbagai riset dan laporan terpisah untuk memperjelas keseluruan system lingkungan di teluk Jakarta serta karakteristiknya termasuk membandingkannya dengan teluk2 lain di daerah cuaca sedang dan tropis. 
 
"Pertemuan seperti ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan ilmu pengetahuan tentang oseanografi di Indonesia, serta menyambut baik kedatangan para peserta workshop ini, semoga memperoleh hasil diskusi yang bermanfaat," pungkasnya. (Humas/HMP)
FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id