Tel: (021) 316 8200   EMail: humas@bppt.go.id

BPPT : Dukung Kegiatan Dan Program Nasional Melalui Teknologi Modifikasi Cuaca

Balai Besar Teknologi Modifikasi Cuaca BPPT (BBTMC) menjalankan tugas nasional, beberapa program yang sedang dilakukan adalah pelayanan teknologi berupa pemanfaatan hasil-hasil inovasi BPPT dalam rangka untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan, kata Kepala Balai Besar Teknologi Cuaca BPPT Tri Handoko Seto, di Gedung BBTMC, Puspiptek Serpong (14/03).

 

 

Dikatakan Seto, kami juga telah menghasilkan teknologi SMOKIES yang telah diaplikasikan di beberapa provinsi seperti Sumatera dan Kalimantan guna melihat kondisi lahan gambut serta mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan dilakukan dengan tepat.

 

BBTMC juga melakukan program-program yang mendukung Nawa Cita Presiden Joko Widodo yaitu dalam rangka proyek strategis nasional pembangunan nasional jalan tol di Indonesia, ungkap Seto

 

Pembangunan jalan sangat riskan terganggu dengan adanya curah hujan yang berlebih. Oleh karena itu menurut Seto, kami telah melakukan kegiatan Teknologi Modifikasi Cuaca guna mengurangi intensitas curah di area proyek pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda.

 

“Sudah kami lakukan bulan lalu dan  baru saja selesai adalah pengurangan curah hujan untuk pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda dan beberapa jalan tol lainnya seperti Solo-Kertosono juga menerapkan TMC guna mengurangi curah hujan yang menggangu proses pembangunan jalan tol”, jelas Seto

 

Lanjut Seto, BPPT juga berperan untuk susksesnya ASIAN GAMES 2018, karena dilakukan di dua provinsi Jakarta dan Sumatera selatan yang berpotensi terkena asap kebakaran hutan dan lahan.

 

Karenanya BPPT diminta mengamankan Sumatera Selatan dari ganguan asap pada pelaksanaan ASIAN GAMES 2018. Sementara di Jakarta juga ada upacara pembukaan pada bulan Agustus dan penutupan bulan September yang dihadiri para pemimpin negara, BPPT diminta untuk menjamin dan memastikan bahwa pada saat acara tersebut Jakarta aman dari gangguan hujan. BPPT akan mendukung pemerintah dalam mengupayakan agar acara kenegaraan seperti HUT RI, hari pahlawan dan lain-lain agar terbebas dari gangguan hujan, tutup Seto. (Humas/HMP)      

FacebookTwitterLinkedin

Tweet Terbaru

Teknologi Untuk Kejayaan Bangsa

Hubungi Kami

 Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340

  Tel: (021) 316 8200

  Fax: (021) 398 38729

  Web: bppt.go.id