• 021 316 9534
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Gelar Seminar Nasional Dan Konsultasi Lingkungan, BPPT Sebarluaskan Hasil Inovasi

Dalam rangka peningkatan inovasi dan aplikasi teknologi lingkungan guna mensukseskan pembangunan yang berkelanjutan, BPPT melalui Pusat Teknologi Lingkungan menyelenggarakan Seminar Nasional dan Konsultasi Teknologi Lingkungan, di Jakarta (20/09).

Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam (TPSA) BPPT Hammam Riza mengatakan, BPPT berkomitmen mengembangkan teknologi yang sesuai (Link and Match) dengan kebutuhan pemangku kepentingan. Menurutnya, hal ini untuk menjawab tantangan perkembangan dan dinamika pembangunan sebagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

 

Hammam mencontohkan penerapan teknologi di bidang lingkungan adalah Pilot Project Pengolahan Sampah Proses Termal (PLTSa) di Bantar Gebang, dengan kapasitas 50 ton per hari. PLTSa merupakan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah dengan tujuan utama memusnahkan sampah secara cepat dan signifikan, bahkan dapat menghasilkan listrik.

 

Lanjut Hammam, selain itu PLTSa ini dapat  menjadi percontohan akan teknologi pengolahan sampah yang ramah lingkungan serta dapat menyelesaikan permasalahan sampah secara tuntas, dengan menggunakan teknologi termal yang mampu memusnahkan sampah dalam waktu yang cepat dan signifikan.

 

Diharapkan seminar ini menjadi ajang temu bisnis dan ilmiah serta berbagi ide, pengalaman, serta munculnya karya-karya kreatif dan inovatif terkait teknologi lingkungan yang dapat menjadi solusi bagi pembangunan nasional, tutup Hamam.

 

 

Sementara, Direktur Pusat Teknologi Lingkungan Rudi Nugroho menyampaikan  tujuan acara ini adalah untuk menyebarluaskan hasil-hasil inovasi penerapan teknologi lingkungan, memberikan saran-saran, solusi teknologi kepada para stackholder terkait, dan mencari masukan dalam rangka penyempurnaan inovasi kedepan untuk memenuhi kebutuhan teknologi lingkungan.

 

Sebagai informasi, seminar ini diisi dengan pemaparan dari luar instansi BPPT dan dari BPPT sebanyak 16 narasumber yang mendiskusikan isu-isu terkini tentang perkembangan sains dan teknologi khususnya di bidang teknologi lingkungan. Pada acara seminar ini dilakukan  juga Penandatanganan Kerja Sama antara PTL dengan Pemkot Tangerang dalam bidang Pengkajian dan Penerapan Teknologi Monitoring Kualitas Perkotaan.(Humas/HMP)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung BPPT II Lantai 15
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9534
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2019 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT