• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Penuhi Kebutuhan Air Yang Aman, BPPT Hadirkan Air Siap Minum Di Kabupaten Banyumas

 

Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) resmi meluncurkan hasil Inovasi teknologi berupa instalasi pengolahan Air Siap Minum (ARSINUM) dengan kapasitas 5 ribu liter per hari di Yayasan Al Huda Sirau, Banyumas (22/10).

 

Teknologi Air Siap Minum atau Arsinum merupakan salah satu inovasi BPPT di bidang teknologi lingkungan yang telah diaplikasikan di lebih dari 40 lokasi dan daerah di Indonesia dengan kandungan TKDN lebih dari 76%. Selain itu, inovasi Arsinum BPPT dijamin kualitasnya karena telah memenuhi standar air minum berdasarkan Permenkes Nomor 416/MENKES/PER/IX/1990.

 

Sekretaris Utama BPPT Dadan Moh Nurjaman dalam pembukaan acara tersebut mengatakan, cara kerja Arsinum ini adalah dengan memanfaatkan sumber air baku yang berasal dari air tanah atau sumber air lainnya kemudian dipompa ke unit pretreatment yang terdiri dari Bag Filter dan Cartridge Filter.

 

Selanjutnya kata Dadan, dari pretreatment kemudian dipompa ke sistem penyaringan dengan membran. Pada tahap pertama dengan membran ultrafiltrasi ukuran pori sebesar 0,01 mikron hasilnya air bisa sangat jernih.

 

Teknologi reverse osmosis pada Arsinum BPPT dapat mengubah air dalam bentuk apapun menjadi air siap minum. Tidak hanya sekedar mengubah air keruh menjadi bersih, tapi air dalam kondisi paling buruk bisa diubah menjadi air yang langsung bisa dikonsumsi, ujarnya.

 

Penerapan teknologi air siap minum ini selain memenuhi kebutuhan air yang aman dan sehat juga mengurangi penggunaan plastik dari air minum kemasan. Hal ini menurut Dadan, merupakan bagian dari gerakan nyata dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

 

Semoga Arsinum ini dapat bermanfaat bagi para santri untuk mencetak santri-santri yang tidak hanya menguasai agama namun juga menguasai berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung pembangunan Indonesia, jelasnya. (Humas BPPT)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT