• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Sigap Bencana, BPPT Gelar Pelatihan Kompetensi Teknis Bidang Kebencanaan

Badan Pengkajian dan Penrapan Teknologi (BPPT) melalui Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) menggelar Pelatihan Kompetensi Teknis, Majerial, dan Sosial Kultural dalam Bidang Kebencanaan bagi pejabat fungsional dan struktural yang dilakukan secara daring (17/11).

 

Kepala BPPT Hammam Riza menyampaikan, bencana alam yang melanda suatu daerah dapat mengakibatkan terganggunya ketenangan dan pola hidup manusia. Dalam hal-hal tertentu, bencana alam mampu menghancurkan harapan hidup masyarakat dengan menghilangkan sebagian atau semua kekayaan yang dimiliki bahkan merenggut nyawa manusia yang menyebabkan kehilangan anggota keluarga, harta benda dan sumber penghidupan manusia,

 

Ia mencontohkan, seperti yang terjadi pada 26 Desember 2004 dimana Wilayah Aceh dan sebagian pesisir barat Sumatera Utara hancur karena terjangan gelombang tsunami. Peristiwa yang diawali dengan gempa besar ini berujung dengan ratusan ribu korban melayang.

 

Demikian besarnya bencana alam yang disebabkan tsunami di Aceh beberapa tahun lalu dan beberapa daerah lain di Indonesia termasuk bencana kebakaran hutan akibat kekeringan, banjir dan longsor.

 

Kesemuanya itu menurut Hammam, tidak hanya menimbulkan kesengsaraan tetapi kita juga dapat mengambil hikmahnya guna menimba ilmu pengetahuan agar dapat lebih waspada dan dapat beradaptasi dengan masalah kebencanaan yang menjadi bagian dari keseharian di Indonesia yang merupakan wilayah rawan bencana alam.

 

Oleh karena itu lanjut Hammam, penting bagi para peserta pelatihan dan seluruh pimpinan BPPT mendukung pelatihan kompetensi teknis, manajerial dan sosio kultural dalam bidang kebencanaan ini agar dapat memahami bencana apa saja yang menjadi ancaman dalam kehidupan kita.

 

Selain itu, terlebih bagaimana cara mereduksi resiko dan penanggulangannya hingga berbagai inovasi teknologi kebencanaan yang dikembangkan agar kita dapat beradaptasi dengan masalah kecencanaan dan dapat mengedukasi masyarakat untuk selalu sigap dalam mengatasi dan menghadapi masalah kebencanaan, pungkasnya.

 

Sementara Kepala Pusbindiklat BPPT Aton Yulianto mengatakan, tujuan pelatihan ini  meningkatkan kemampuan SDM BPPT (Capacity Building) dalam bidang kompetensi teknis, manajerial dan sosio kultural kebencanaan yang menjadi tantangan sebagai negara yang berada dalam lingkaran masalah kebencanaan (Ring of Fire)  seperti gempa bumi, tanah longsor, banjir,  tsunami termasuk pandemi Covid-19.

 

Aton berharap, dengan pelatihan ini dapat meningkatkan kemampuan dan pengetahuan terkait dengan kebencanaan, manajerial dan sosiokultural serta dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kinerja. (Humas BPPT)


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2020 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT