• 021 316 9457
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Cegah Vandalisme, BPPT Kenalkan Teknologi Deteksi Dini Tsunami

Sebagai upaya menjaga operasionalisasi dan keamanan sistem InaBuoy, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) gelar Sosialisasi Teknologi Deteksi Dini Tsunami di Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang (09/04). Sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan yang dicanangkan BPPT guna menyebarkan informasi mengenai InaBuoy sebagai teknologi pendeteksi dini tsunami yang harus dijaga dan dilindungi dari vandalisme.

 

Peneliti Pusat Teknologi Reduksi dan Resiko Bencana (PTRRB) BPPT Joko Widodo mengatakan InaBuoy adalah investasi bagi keselamatan masyarakat dan harus dijaga, sehingga kita dapat meminimalisir dampak dari bencana tsunami.

 

Sampai tahun 2024 akan ada 13 InaBuoy yang dipasang di laut Indonesia, salah satunya di Selatan Malang. BPPT pun menggandeng PT. PAL sebagai industri dalam negeri dalam pengembangan InaBuoy. Iini merupakan teknologi Indonesia yang harus kita jaga bersama, jelasnya.

 

Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan Pantai (UPT-PPP) Pondok Dadap Ichsan Budianto menyampaikan terima kasih kepada BPPT yang telah melaksanakan sosialisasi mengenai tsunami dan InaBuoy di Kabupaten Malang.

 

Menurutnya ini sangat penting agar para nelayan dapat mendapatkan informasi tentang alat pendeteksi dini tsunami InaBuoy serta cara menjaganya.

 

Dikesempatan yang sama juga, perwakilan Ketua Pelaksana BPBD Kabupaten Malang, Sadono Irawan menuturkan, dengan dipasangnya InaBuoy memberikan rasa aman bagi masyarakat dari ancaman bencana tsunami.

  

Sadono pun mengajak untuk menjaga InaBuoy ini dari vandalisme, karena kita tidak tahu kapan akan terjadi tsunami, dengan adanya alat ini akan menyelamatkan kita.

 

Guna mendukung terjaganya InaBuoy tersebut, BPPT bersama kelompok nelayan, tokoh masyarakat, hingga instansi terkait yang ada di Kabupaten Malang sepakat menandatangani komitmen bersama untuk menjaga dan melindungi InaBuoy bersama.

 

Sebagai informasi, BPPT telah melakukan pemasangan InaBuoy di selatan Kabupaten Malang pada 8 Maret 2021 dengan koordinat 09°11'44.0147"S/112°31'26.1796"E. Pemasangan InaBuoy ini sesuai dengan amanat Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 93 Tahun 2019, tentang Penguatan dan Pengembangan Sistem Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami. Selain itu, pada sosialisasi ini juga diinformasikan nomor hotline BPPT yang dapat dilindungi 24 jam untuk pengaduan terkait vandalisme terhadap InaBuoy. (Humas BPPT)

 


Hubungi Kami
Bagian Humas
Gedung B.J. Habibie Lantai 14
Jl. M.H Thamrin No. 8 Jakarta Pusat DKI Jakarta 10340
(021) 316 9457
(021) 398 38729
humas@bppt.go.id
bppt.go.id

© 2021 Designed by Pusat Manajemen Informasi & Biro Hukum, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat - BPPT